Sikap siswa terhadap interaksi edukatif guru PAI dan hubungannya dengan akhlak mereka dalam menghormati guru: Penelitian korelasional terhadap siswa kelas XI SMA Bina Muda Cicalengka

Firdaus, Irfan (2020) Sikap siswa terhadap interaksi edukatif guru PAI dan hubungannya dengan akhlak mereka dalam menghormati guru: Penelitian korelasional terhadap siswa kelas XI SMA Bina Muda Cicalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Interaksi edukatif hendaknya terjalin hubungan yang mendidik dan mengembangkan. Guru tidak hanya memberikan bahan yang harus dipelajari, akan tetapi guru dapat berperan sebagai figur yang dapat merangsang perkembangan pribadi siswa. Faktanya, di lapangan, sikap siswa masih ada yang bersikap negatif terhadap guru. Di sisi lain, siswa seharusnya mencerminkan akhlak dalam menghormati gurunya. Lalu, muncul pertanyaan tentang adakah hubungan antara sikap siswa terhadap interaksi edukatif guru PAI dengan akhlak mereka dalam menghormati guru atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui (1) realitas sikap siswa terhadap interaksi edukatif guru PAI di kelas XI SMA Bina Muda Cicalengka (2) realitas akhlak siswa dalam menghoramti guru di kelas XI SMA Bina Muda Cicalengka dan (3) hubungan sikap siswa terhadap interaksi edukatif guru PAI dengan Akhlak siswa dalam menghoramti guru di kelas XI SMA Bina Muda Cicalengka. Penelitian ini berdasarkan asumsi teoritik bahwa sikap siswa terhadap interaksi edukatif guru PAI memiliki hubungan tertentu dengan akhlak siswa dalam menghormati guru. Prinsip Motivasi, Persepsi, Mengarah pada titik pusat perhatian tertentu dan fokus, Keterpaduan, Pemecahan masalah, Prinsip mencari, menemukan, dan mengembangkan sendiri, Hubungan sosial, serta Perbedaan individu dapat mempengaruhi terhadap suatu akhlak. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah Semakin positif sikap siswa terhadap interaksi edukatif guru PAI maka semakin baik pula akhlak mereka dalam menghormati guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelatif. Cara pengumpulan datanya dengan observasi, menyebarkan angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini diambil populasi dari kelas XI SMA Bina Muda Cicalengka sebanyak 375 siswa, dan sampel diambil sebanyak 10% dari populasi yaitu sebanyak 38 siswa. Analisis data kedua variabel ini dilakukan dengan menggunakan metode statistika. Hasil penelitian menunjukkan (1) Realitas sikap siswa terhadap interaksi edukatif guru PAI berkategori positif. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata 3,79 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. (2) Realitas akhlak siswa dalam menghoramati guru berkategori baik. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata 3,79 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. (3) Hubungan sikap siswa terhadap interaksi edukatif guru PAI dengan akhlak mereka dalam menghormati guru adalah (a) koefisien korelasinya sebesar 0,375 yang berada pada interval 0,20 – 0,399, termasuk kategori rendah. (b) Hipotesisnya diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara keduanya berdasarkan hasil thitung 2,44 lebih besar dari ttabel dengan nilai 2,03 dan (c) kadar pengaruhnya 14%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap; Interaksi Edukatif; Akhlak
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Irfan Firdaus
Date Deposited: 09 Nov 2020 07:02
Last Modified: 09 Nov 2020 07:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34781

Actions (login required)

View Item View Item