Fauziah, Sasqia Nurul (2020) Penerapan e-learning berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Diploma thesis, UIN Suan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (302kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu keterampilan yang harus dimiliki untuk menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21 adalah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan kepada peserta didik dengan menggunakan berbagai inovasi baru dalam pembelajaran. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan dan perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar dengan menerapkan e-learning berbasis problem based learning (PBL) dan model PBL pada materi gelombang bunyi. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 8 Garut, sempel yang digunakan terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 33 orang. Instrumen penelitian menggunakan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Authentic Assesment Based on Tracejtory Learning Teaching (AABTLT) dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis yang digunakan yaitu presentase skor LKPD, N-Gain dan uji t independen samples test. Hasil penelitian menunjukan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen untuk pertemua I, pertemuan II, dan Pertemuan III sebesar 85% dengan kategori sangat efektif sedangkan kelas kontrol 84% dengan kategori efektif. Peningkatan keterampilan berpikir kritis berdasarkan nilai N-gain untuk kelas eksperimen 0,81 dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol 0,54 dengan kategori sedang. Hasil uji t diperoleh t_hitung=11,997 > t_tabel=1,998, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik antara peserta didik yang belajar dengan menerapkan e-learning berbasis PBL dan model PBL pada materi gelombang bunyi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-learning, E-learning berbasis PBL, model PBL, keterampilan berpikir kritis, gelombang bunyi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Sasqia Nurul Fauziah |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:08 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34795 |
Actions (login required)
View Item |