Ruang disabilitas dalam pemberitaan media: Studi deskriptif pandangan anggota Jurnalposmedia mengenai Rubrik Difabel pada Media Online Tempo.co

Arifah, Anisa Nurul (2020) Ruang disabilitas dalam pemberitaan media: Studi deskriptif pandangan anggota Jurnalposmedia mengenai Rubrik Difabel pada Media Online Tempo.co. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy

Abstract

Disabilitas adalah seseorang yang memiliki keterbatasan dalam dirinya baik secara fisik, mental, maupun sensorik sehingga terhambat dalam proses interaksi. Karena keterbatasan itulah kemudian disabilitas menjadi kaum marjinal yang tidak banyak disentuh media. Realitas kehidupan disabilitas relatif sedikit digambarkan oleh media baik secara fiksi maupun berita sehingga seperti ada sekat antara disabilitas dan non-disabilitas. Tempo.co kemudian memberikan gambaran lain disabilitas di media dengan menghadirkan rubrik difabel. Rubrik difabel yaitu rubrik khusus untuk membahas isu disabilitas. Dalam rubrik difabel, isu disabilitas dibungkus dengan cara berbeda dari perspektif yang lebih luas dan menarik, bukan sekedar narasi bernada kasihan atau objek inspirasi. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti menjadi tertarik untuk melakukan kajian mengenai Rubrik Difabel dari perspektif pembaca, dalam persoalan ini berupaya mencari penjelasan dan mendeskripsikan pandangan anggota Jurnalposmedia mengenai Rubrik Difabel pada media online Tempo.co. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana pandangan anggota Jurnalposmedia mengenai adanya rubrik difabel pada media online Tempo.co. Diidentifikasi dengan melihat tiga aspek proses persepsi atau pandangan, yaitu seleksi, interpretasi, dan reaksi anggota Jurnalposmedia mengenai rubrik difabel pada media online Tempo.co. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori persepsi dari Alex Sobur yang menyebutkan bahwa komponen utama dari persepsi adalah seleksi, intepretasi dan reaksi. Adapun paradigma dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif, yakni dengan menjelaskan dan memaparkan bagaimana persepsi anggota Jurnalposmedia mengenai adanya Rubrik Difabel pada media online Tempo.co. Selanjutnya mewawancarai informan dan menganalisis data dari hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pandangan anggota Jurnalposmedia mengenai Rubrik Difabel positif, tebukti dari hasil seleksi semua informan menyatakan mengetahui adanya rubrik difabel. Hasil intepretasi menyatakan bahwa rubrik difabel adalah rubrik yang menarik dan memberikan edukasi, dan reaksi yang dihasilkan adalah informan menyukai adanya rubrik difabel dan menjadikan rubrik difabel sebagai referensi dalam penulisan berita disabilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pandangan; Pemberitaan; Disabilitas;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Process > Public Opinion
Socialism and Related Systems
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Anisa Nurul Arifah
Date Deposited: 20 Nov 2020 07:48
Last Modified: 20 Nov 2020 07:48
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34849

Actions (login required)

View Item View Item