Pemahaman siswa terhadap kitab Ta'lim Muta'alim bab adab hubungannya dengan akhlak sehari-hari :Penelitian pada siswa kelas IX Tahfizh Al-Bahjah Kabupaten Bandung

Fauziah, Miftah (2020) Pemahaman siswa terhadap kitab Ta'lim Muta'alim bab adab hubungannya dengan akhlak sehari-hari :Penelitian pada siswa kelas IX Tahfizh Al-Bahjah Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren Tahfidz Al Bahjah Kabupaten Bandung merupakan salah satu Pesantren yang memiliki persentase yang baik dalam prestasi belajar, akan tetapi sebagian siswa/santri berperilaku atau tindakan yang dilakukan masih ada yang tidak mencerminkan jati dirinya sebagai siswa/santri. Sejatinya siswa/santri harus menghiasi dirinya dengan perilaku yang mencerminkan sikap seorang akademisi seperti memilili perilaku ikhlas, jujur, adab, tanggung jawab, kerja keras dan tasamuh (toleransi). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang (1) Pemahaman siswa terhadap materi Kitab Ta’lim Muta’alim bab adab (2) Akhlak siswa sehari-hari (3) Hubungan Pemahaman siswa terhadap materi Kitab Ta’lim Muta’alim bab adab dengan akhlak sehari-hari di Pesantren Tahfizh Al Bahjah Kabupaten Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori analisis pemahaman kitab Ta’lim Muta’alim menurut Burhan al-Din al-Islam al-Zarnuji . Penelitian ini menggunakan metode Deskripsi Korelasional yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, observasi dan metode angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: Pemahaman siswa terhadap materi Kitab Ta’lim Muta’alim bab adab terhadap akhlak siswa kategori sangat baik dengan prosentase 80%. Berdasarkan hasil perhitungan hasil uji analisis, diketahui bahwa t hitung lebih besar (0.9543) dari pada t tabel (0.5610). Dalam keadaan demikian maka Ha diterima dan Ha ditolak, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara Materi Pemahaman Siswa terhadap Kitab Ta’limul Muta’allim bab adab dengan Akhlak siswa sehari-hari di Pesantren Tahfizh Al Bahjah Rawabogo Ciwidey Kabupaten Bandung

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Kitab Ta’lim Muta’alim bab adab;Akhlak Siswa.
Subjects: Islam > Islamic Ethics, Practice
Islam > Specific Moral Issues
Education > Ethical Education
Etiquette, Manners
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miftah Fauziah
Date Deposited: 11 Nov 2020 06:02
Last Modified: 11 Nov 2020 06:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34855

Actions (login required)

View Item View Item