Kusela, Opi (2020) Perjanjian endorsement di media sosial Instagram dihubungkan dengan Pasal 7 Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (558kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan zaman yang pesat membuat para pengguna media sosial tidak hanya sebagai wadah eksistensi berfoto atau membuat video akan tetapi menggunakannya untuk bisnis juga, dalam penelitian perjanjian endorsement yang dilakukan oleh selebgram dan online shop, ada pihak yang dirugikan karena apa yang diperjanjikan tidak diaksanakan oleh selebgram sebagai pelaku usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian endorsement di media sosial instagram, Untuk mengetahui perlindungan hukum bagi online shop pada perjanjian endorsement di media sosial instagram dan Untuk mengetahui tanggung jawab pelaku usaha/jasa apabila terjadi wanprestasi. Kerangka pemikiran yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini adalah teori keadilan dan kepastian hukum, sedangkan dalam perundang-undangan menggunakan undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Analitis dengan pendekatan Yuridis Empiris, pengumpulan data dengan menggunakan cara observasi dan wawancara, didukung dengan studi pustaka. Adapun penarikan kesimpulan dari hasil penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis induktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan perjanjian endorsementdilakukan dalam bentukk tertulis melalu direct massage media sosial instagram, perlindungan hukum bagi konsumen didasarkan pada undang-undang perlindungan konsumen, dan tanggung jawab pelaku usaha /selebgram harus mengganti rugi barang dan uang yang telah dikirim apabila apa yang diperjanjikan tidak dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perjanjian endorsement; perindungan hukum; tanggung jawab; perlindungan konsumen; selebgram; online shop. |
Subjects: | Private Law Private Law > Contracts |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum |
Depositing User: | opi kusela |
Date Deposited: | 12 Nov 2020 07:44 |
Last Modified: | 12 Nov 2020 07:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34930 |
Actions (login required)
View Item |