Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Novel Assalamualaikum Beijing Karya Asma Nadia: Studi analisis terhadap Novel Assalamualaikum Beijing

Ridwan, Dede (2020) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Novel Assalamualaikum Beijing Karya Asma Nadia: Studi analisis terhadap Novel Assalamualaikum Beijing. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Nilai pendidikan Islam merupakan suatu elemen penting dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu manusia membutuhkan tidak hanya pengetahuan saja namun juga kekuatan spiritual agar dapat terbentuk menjadi manusia yang beraqidah, berahlak, dan bersyariah sesuai dengan norma-norma Islam. nilai pendidikan Islam sangat penting dalam dunia pendidikan. Karena dengan nilai Pendidikan Islam para pelajar akan menyadari urgensinya aqidah, akhlak, dan syariah dalam kehidupan. Dengan banyaknya budaya globalisasi yang melanda masyarakat, maka peserta didik juga ikut terpengaruh. Kemrosotan aqidah, syariat, dan akhlak menjadi salah satu masalah dalam pendidikan. Pendidikan bisa didapat dimana saja, salah satunya dapat ditemukan pada karya sastra berbentuk novel. Adapun nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia ini menyajikan informasi mengenai pentingnya nilai keagamaan yang mesti ditanamkan dalam diri seorang manusia. nilai pendidikan Islam menjadi hal yang penting dalam kehidupan manusia karena dengan kekuatan spiritual akan menjadikan manusia berahlak mulia, serta berkepribadian Qurani. Untuk mendeskripsikan masalah di atas, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Apa nilai-nilai pendidikan aqidah yang terkandung dalam novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia? (2) Apa nilai-nilai pendidikan syariah yang terkandung dalam novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia? (3) Apa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia? (4) Bagaimana analisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia? Untuk menjawab permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan penelitian kajian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primernya adalah novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia. Pengumpulan datanya menggunakan editing, organizing, dan penemuan hasil. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Assalamalaikum Beijing karya Asma Nadia mencakup (1) nilai aqidah meliputi iman kepada Allah, iman kepada kitab Allah, iman kepada qadha dan qadhar (2) nilai syariah meliputi shalat, dzikir, dan berdo’a kepada Allah SWT (3) nilai akhlak meliputi sabar, saling menasihati, toleransi, syukur, silaturahmi, adab pergaulan, permintaan maaf kepada orang lain, tanggung jawab, dermawan (4) Analisis pendidikan Islam dalam novel Assalamualaikum Beijing meliputi aqidah, syariah, dan akhlak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai pendidikan Islam; Novel Assalamualaikum Beijing
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dede Ridwan
Date Deposited: 13 Nov 2020 03:51
Last Modified: 13 Nov 2020 03:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34948

Actions (login required)

View Item View Item