Profil kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan jenis kelamin pada materi pencemaran lingkungan kelas X

Fadilatussaniatun, Qisti (2020) Profil kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan jenis kelamin pada materi pencemaran lingkungan kelas X. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan berpikir yang penting untuk dikembangkan dalam bidang pendidikan. Berdasarkan hasil observasi di salah satu SMA Negeri di Garut, diperoleh bahwa penilaian hasil belajar sudah mencakup penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan, akan tetapi yang berhubungan dengan penilaian kemampuan berpikir kreatif belum pernah dilakukan, sehingga pada penelitian ini dilakukan tes kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara siswa laki-laki dan perempuan dan mendeskripsikan kendala siswa dalam mengerjakan tes kemampuan berpikir kreatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif, angket respon siswa dan lembar wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kemampuan berpikir kreatif antara siswa laki-laki dan perempuan hampir memiliki kesamaan yaitu siswa laki-laki memperoleh nilai 82,3 sedangkan siswa perempuan memperoleh nilai 82,4. Secara khusus, siswa laki-laki lebih unggul dalam aspek berpikir lancar, luwes dan merinci sedangkan siswa perempuan unggul dalam berpikir orisinil dan berpikir menilai. Kendala siswa dalam menjawab tes kemampuan berpikir kreatif diantaranya yaitu siswa merasa kesulitan dalam memahami pertanyaan, kesulitan dalam memecahkan permasalahan berupa artikel atau wacana kasus pencemaran lingkungan, kebingungan dalam membaca soal yang terlalu panjang serta sebagian siswa lebih menyukai soal tipe pilihan ganda, sedangkan tes kemampuan berpikir kreatif disajikan dalam bentuk essay.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif; Pencemaran Lingkungan; Cross-Sectional Survey Design
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Qisti Fadilatussaniatun
Date Deposited: 16 Nov 2020 04:39
Last Modified: 16 Nov 2020 04:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34981

Actions (login required)

View Item View Item