Zakiyah, Laena (2019) Implementasi manajemen pendidikan karakter disiplin di Madrasah: Penelitian di MTs Persis Lembang Kabupaten Bandung Barat dan MTs Al Amin Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (265kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perilaku indisipliner anak sekolah yang terlihat semakin meningkat. Mulai dari kasus bolos sekolah, tidak mengerjakan tugas, melakukan bullying, bergabung dengan geng motor, bergaul bebas antar lawan jenis hingga melakukan tindakan yang meresahkan masyarakat. Padahal apabila kita menelusuri kembali bahwa tujuan pendidikan seperti yang tertulis di dalam Undang-Undang tahun 2003 adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang bertakwa dan berakhlak mulia. Banyak pemahaman yang berkembang terkait pola manajemen pendidikan karakter di madrasah, oleh sebab itu setiap lembaga memiliki program masing-masing dalam rangka internalisasi nilai dan penanaman karakter disiplin. Dalam hal ini, MTs Persis Lembang Kab. Bandung Barat melalui program tahfidz Al-Quran sedangkan MTs Al Amin Cisarua Kab. Bandung Barat melalui ekstrakurikuler paskibra. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi: 1). Model perencanaan pendidikan karakter disiplin di MTs Al Amin Cisarua Kab. Bandung Barat dan MTs Persis Lembang Kab. Bandung Barat. 2). Model pelaksanaan dan pengorganisasian manajemen pendidikan karakter disiplin di madrasah tersebut. 3). Model pengawasan dan evaluasi manajemen pendidikan karakter disipin di madrasah tersebut. 4). Faktor-faktor pendukung dan penghambat serta solusi terhadap keberhasilan manajemen pendidikan karakter disiplin. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dan kualitatif serta induktif dengan pendekatan fenomenologis sosial dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan gabungan (triangulasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Model perencanaan pendidikan karakter disiplin di MTs Persis Lembang Kab. Bandung Barat dan MTs Al Amin Cisarua Kab. Bandung Barat dikembangkan berdasarkan visi, misi madrasah melalui rapat kerja tahunan dan dilandasi model yang integratif, mengintegrasikan nilai karakter pada kurikulum madrasah dengan moral knowing, moral feeling dan moral action. 2). Model pelaksanaan pendidikan karakter disiplin dilakukan melalui habituasi (pembiasaan). 3). Model pengawasan dan evaluasi pendidikan karakter disiplin dilaksanakan dengan pengendalian sacara ketat terhadap terhadap sikap dan perilaku peserta didik secara berkala. 4). Faktor pendukung manajemen pendidikan karakter disiplin terdiri dari dukungan kuat dari yayasan, kerjasama stake holder di madrasah, keteladanan guru, dan komunikasi yang baik. yang menjadi faktor eskternal yaitu hubungan dan komunikasi yang baik dengan orang tua dan masyarakat sekitar. Adapun yang menjadi faktor penghambat adalah beberapa guru belum memberikan keteladanan dan terhambatnya komunikasi dengan beberapa orang tua siswa. ENGLISH : This research is motivated by the phenomenon of disciplinary behavior of school children which seems to be increasing. Starting from cases of skipping school, not doing assignments, bullying, joining motorcycle gangs, hanging out freely between the opposite sex to taking actions that disturb the community. In fact, if we trace back that the purpose of education as written in the 2003 Law is to develop the potential of students to become human beings who are righteous and have noble character. Many understandings have developed regarding the management pattern of character education in madrasah, therefore each institution has its own program in order to internalize values and instill disciplinary character. In this case, MTs Persis Lembang Kab. West Bandung through the Al-Quran tahfidz program while MTs Al Amin Cisarua Kab. West Bandung through extracurricular postkibra. The purpose of this study is to identify: 1). Discipline character education planning model at MTs Al Amin Cisarua Kab. West Bandung and MTs Persis Lembang Kab. West Bandung. 2). The model for implementing and organizing the management of disciplinary character education in these madrasah. 3). The model of supervision and evaluation of character education management at the madrasah. 4). Supporting and inhibiting factors as well as solutions to the success of disciplined character education management. The method used is descriptive analytical, qualitative and inductive methods with a social phenomenological approach with observation, interviews, documentation and combination (triangulation). The results of this study indicate that: 1). Discipline character education planning model at MTs Persis Lembang Kab. West Bandung and MTs Al Amin Cisarua Kab. West Bandung is developed based on the vision and mission of the madrasah through annual work meetings and is based on an integrated model, integrating character values in the madrasah curriculum with moral knowing, moral feeling and moral action. 2). The model for implementing disciplinary character education is carried out through habituation (habituation). 3). The model of supervision and evaluation of disciplinary character education is carried out with strict control of the attitudes and behavior of students on a regular basis. 4). Supporting factors for the management of disciplined character education consist of strong support from foundations, collaboration of stakeholders in madrasas, exemplary teachers, and good communication. which is an external factor, namely good relationship and communication with parents and the surrounding community. As for the inhibiting factor, some teachers have not provided examples and obstructed communication with some students' parents. ARAB : يَحْفِزُ هَذَا الْبَحْثَ ظَاهِرَةُ جُنُوحِ الْأَحْدَاثِ الَّتِي تَتَزَايَدُ بِشَكْلِ مُتَزَايِد. بَدْءَا مَنْ حَالَاتٍ تَعَاطَيِ الْمُخَدِّرَاتِ، وَالْاِنْضِمَامَ إِلَى عِصَابَاتِ الدَّرَّاجَاتِ النَّارِيَّةِ، وَالتَّسَكُّعَ بَحْرِيَّةُ بَيْنَ أَفْرَادِ الْجِنْسِ الْآخِرَ إِلَى الْقِيَامِ بِأَعْمَالِ تُزْعِجُ الْجُمْهُورُ. وَمَعَ ذَلِكَ، إِذَا عُدْنَا إِلَى أَنَّ الْغَرَضَ مِنَ التَّعْلِيمِ كَمَا هُوَ مَكْتُوبٌ فِي قَانُونِ عَامِ 2003 هُوَ تَطْوِيرُ إِمْكَانَاتِ الطُّلَاَّبِ لِيُصْبِحُوا أشخاصًا ذَوِي تَقْوَى وَشَخْصِيَّةِ نَبِيلَةِ. لِقَدَّ تَطَوُّرُ الْكَثِيرِ مِنَ الْفَهْمِ فِيمَا يَتَعَلَّقُ بِنَمَطِ إِدَارَةِ تَعْلِيمِ الشَّخْصِيَّاتِ فِي الْمُدَارِسِ، وبالتالي فَإِنَّ لِكُلِّ مُؤَسَّسَةِ بَرْنَامَجِهَا الخاص مِنْ أَجَلِ اِسْتيعَابَ الْقَيِّمِ.فِي هَذِهِ الْحَالَةِ، مَدْرَسَةَ تسناوية الْإِسْلَامِيَّةَ الْاِتِّحَادَ ليمبانج. غَرْبَ باندونغ مِنْ خِلَالَ بَرْنَامَجِ الْقُرْآنِ الْكَرِيمِ تافيدز بَيْنَمَا مَدْرَسَةِ تسناوية الْأُمَّيْنِ سيزاروا، غَرْبَ باندونغ ريجنسي مِنْ خِلَالَ قُوَّاتِ رَفْعِ الْعِلْمَ خَارِجُ الْمِنْهَجِ. الغرض من هذه الدراسة هو تحديد: 1). نموذج لتخطيط تعليم الشخصيات في مدرسة تسناوية الأمين سيزاروا ، غرب باندونغ ريجنسي ، ومدرسة تسناوية الإسلامية ، ليمبانج ريجنسي. باندونغ الغربية. 2). نموذج للتنفيذ وتنظيم إدارة تعليم الشخصية في المدرسة. 3). نموذج إشراف وتقييم إدارة تعليم الشخصية في المدرسة. 4). دعم وتثبيط العوامل والحلول لنجاح إدارة تعليم الشخصية. الطَّرِيقَةُ الْمُسْتَخْدَمَةُ هِي الْأَسَالِيبُ الْوَصْفِيَّةُ التَّحْلِيلِيَّةُ وَالنَّوْعِيَّةُ وَكَذَلِكَ الْاِسْتِقْرَائِيِّ مَعَ نَهْجِ الظَّوَاهِرِ الْاِجْتِمَاعِيَّةِ مَعَ الْمُلَاحِظَةِ وَالْمُقَابَلَاتِ وَالْوَثَائِقِ وَالْجَمْعِ( التَّثْلِيثَ). نَتَائِجُ هَذِهِ الدِّرَاسَةِ تُشِيرُ إِلَى أَنَّ: 1). تَخْطِيطَ نَمُوذَجِي لِتَعْلِيمِ الشَّخْصِيَّاتِ فِي مَدْرَسَةِ تسناوية بيرساتوان إِسْلَامَ ليمبانج، غَرْبَ باندونغ ريجنسي وَمَدْرَسَةَ تسناوية الْأُمَّيْنِ سيزاروا كَابٍ. تَمَّ تَطْوِيرُ غَرْبِ باندونغ بِنَاءً عَلَى رُؤْيَةٍ وَرِسَالَةِ الْمُدَارِسِ مِنْ خِلَالَ اِجْتِمَاعَاتِ الْعَمَلِ السَّنَوِيَّةِ، وَبِنَاءً عَلَى نَمُوذَجِ تَكَامُلِي يُدْمِجُ قَيِّمُ الشَّخْصِيَّاتِ فِي مَنَاهِجِ الْمُدَارِسِ مَعَ الْمَعْرِفَةِ الْأخْلَاقِيَّةِ وَالشُّعُورِ الْأَخْلَاَقِيِّ وَالْعَمَلِ الْأخْلَاقِيِّ. 2). يَتِمُّ تَنْفِيذُ نَمُوذَجِ تَعْلِيمِ الشَّخْصِيَّةِ مِنْ خِلَالَ التَّعَوُّدِ. 3). يَتِمُّ تَطْبِيقُ نَمُوذَجِ الْإِشْرَافِ وَتَقْيِيمِ تَعْلِيمِ الشَّخْصِيَّةِ مَعَ فَرْضِ رَقَابَةِ صَارِمَةِ عَلَى مَوَاقِفِ وَسُلُوكِيَاتِ الطُّلَاَّبِ عَلَى أسَاسِ مُنْتَظِمِ. 4). تتمثل العوامل الداعمة لإدارة تعليم الشخصيات في دعم قوي من المؤسسات والتعاون بين أصحاب المصلحة في المدارس ونمذجة المعلمين والتواصل الجيد. العوامل الخارجية هي العلاقات الجيدة والتواصل مع أولياء الأمور والمجتمع المحيط. أما العامل المثبط فهو أن بعض المعلمين لم يقدموا التواصل المثالي والمعاق مع بعض أولياء أمور الطلاب.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi; Manajemen Pendidikan Karakter; Karakter Disiplin |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Laena Zakiyah |
Date Deposited: | 17 Nov 2020 02:43 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 02:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34993 |
Actions (login required)
View Item |