Pengaruh Working Capital Turnover (WCTO) dan Receivable Turnover (RTO) terhadap Earning Power (EP) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi Kasus Di PT. Batu Bara Bukit Asam, Tbk. Periode 2009-2018

Sudrajat, Tia Melany (2020) Pengaruh Working Capital Turnover (WCTO) dan Receivable Turnover (RTO) terhadap Earning Power (EP) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi Kasus Di PT. Batu Bara Bukit Asam, Tbk. Periode 2009-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (45kB) | Preview

Abstract

Pengaruh Working Capital Turnover (WCTO) dan Receivable Turnover (RTO) Terhadap Earning Power (EP) pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Studi Di PT. Tambang Batu Bara Bukit Asam, Tbk. Periode 2009-2018. Penelitian ini dilatar belakangi dengan meningkatnya perekonomian dunia dan persaingan semakin ketat sehingga menimbulkan adanya permasalah dalam investasi di pasar modal untuk merebut para investor. Bagi investor, informasi tentang Working Capital Turnover (WCTO), Receivable Turnover (RTO) dan Earning Power (EP) menjadi kebutuhan yang sangat mendasar dalam pengambilan keputusan, karena dengan informasi tersebut bisa menjadi ukuran sebuah perusahaan telah dapat bekerja secara efisien, sehingga keputusan yang diambil diharapkan akan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Working Capital Turnover (WCTO) dan Receivable Turnover (RTO) secara simultan maupun secara parsial terhadap Earning Power (EP) pada perusahaan yag terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) yaitu PT. Tambang Batu Bara Bukit Asam, Tbk. selama 10 tahun terakhir, yaitu periode 2009-2018. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah merujuk kepada beberapa pendapat para ahli keuangan dan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa semakin tinggi tingkat Working Capital Turnover (WCTO) dan Receivable Turnover (RTO), maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap Earning Power (EP). Metode penelitian yang digunakan adalah analasis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Tambang Batu Bara Bukit Asam, Tbk. periode tahun 2009-2018. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browser dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis regresi (sederhana dan berganda), analisis korelasi, analisis determinasi dan analisis uji hipotesis (ujit t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows version 20 dan microsoft excel sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Working Capital Turnover (WCTO) berpengaruh signifikan sebesar 65,1% terhadap Earning Power (EP). Sedangkan Receivable Turnover (RTO) secara parsial tidak berpengaruh signifikan sebesar 7,2% terhadap Earning Power (EP). Namun secara simultan Working Capital Turnover (WCTO) dan Receivable Turnover (RTO) berpengaruh signifikan sebesar 68,1% terhadap Earning Power (EP).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Working Capital Turnover; Receivable Turnover; Earning Power.
Subjects: Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Tia Melany Sudrajat
Date Deposited: 20 Nov 2020 02:09
Last Modified: 20 Nov 2020 02:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35108

Actions (login required)

View Item View Item