Pengaruh deferred tax asset dan deferred tax expense terhadap earning management pada perusahaan sektor real estate & property yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Sentul City Tbk Periode 2009-2018

Pratami, Trisa Fithri (2020) Pengaruh deferred tax asset dan deferred tax expense terhadap earning management pada perusahaan sektor real estate & property yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Sentul City Tbk Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

Laporan keuangan merupakan laporan penting bagi perusahaan yang dapat digunakan sebagai informasi tentang keadaan keuangan perusahaan bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Namun dalam penyajian laporan keuangan tersebut dapat dimanfaatkan oleh manajer dengan cara merekayasa angka-angka. Laba adalah salah satu komponen yang dapat mendorong manajemen untuk melakukan rekayasa angka. Sebab laba merupakan indikator dalam kinerja perusahaan. Tindakan rekayasa tersebut disebut earning management. Setiap perusahaan tentunya tidak ingin mengalami kerugian. Salah satu cara agar perusahaan tidak mengalami kerugian yaitu dengan menggunakan Deferred Tax Asset yang jumlahnya diperbesar untuk meminimalkan pembayaran pajak dan besarnya Deferred Tax Expense untuk menghindari kerugian dengan cara memanipulasi laba. Setiap perusahaan bisa saja melakukan tindakan earning management, salah satunya PT. Sentul City Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh Deferred Tax Asset secara parsial terhadap Earning Management pada PT. Sentul City Tbk, (2) menge¬ta¬hui pengaruh Deferred Tax Expense secara parsial terhadap Earning Management pada PT. Sentul City Tbk, (3) mengetahui pengaruh Deferred Tax Asset dan Deferred Tax Expense secara simultan terhadap Earning Management pada PT. Sentul City Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Sentul City, Tbk periode 2009-2018. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier, korelasi, koefisien determinasi, uji T dan uji f. Adapun pengolahan data yang digunakan adalah Microsoft Excel dan SPSS for Windows V.26. Hasil analisa menunjukkan bahwa: (1) Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara Deferred Tax Asset terhadap Earning Management yang dibuktikan oleh hasil uji t dengan thitung 4,249 > ttabel 2,306 serta besar nilai koefisien determinasi sebesar 69,3% (2) Secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan antara Deferred Tax Expense terhadap Earning Management yang dibuktikan oleh hasil uji t dengan thitung 0,036 ≤ ttabel 2,306 serta besar nilai koefisien determinasi sebesar 0,02% (3) Secara simultan diketahui bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Deferred Tax Asset dan Deferred Tax Expense terhadap Earning Management pada PT. Sentul City Tbk. Koefisien determinasi Deferred Tax Asset dan Deferred Tax Expense memiliki pengaruh sebesar 77% terhadap Earning Management, sedangkan sisanya sebesar 23% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Deferred Tax Asset; Deferred Tax Expense; Earning Management
Subjects: Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Trisa Fithri Pratami
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:12
Last Modified: 23 Nov 2020 03:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35131

Actions (login required)

View Item View Item