Pengaruh pelatihan peningkatan kompetensi terhadap kinerja guru: Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Bandung

Susana, Novi (2020) Pengaruh pelatihan peningkatan kompetensi terhadap kinerja guru: Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (221kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (246kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (501kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)

Abstract

Pelatihan peningkatan kompetensi dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap seseorang agar dapat melaksanakan tugasnya sehingga mencapai kinerja yang maksimal. Berdasarkan studi pendahuluan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Bandung masih ditemukan berbagai masalah sehingga kinerja gurunya belum dapat maksimal. Permasalahan tersebut yaitu masih terdapat guru yang belum menerapkan hasil pelatihan mengenai persiapan dan penguasaan materi ajar, guru yang mendekati masa pensiun kurang berinovasi dalam mengajar karena pelatihannya dilakukan dengan sikap acuh tak acuh, waktu pelatihan yang berbenturan, pembiayaan program pelatihan. Kemudian, tuntutan administrasi yang padat dan kurangnya disiplin guru di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelatihan peningkatan kompetensi guru, kualitas kinerja guru, dan pengaruh pelatihan peningkatan kompetensi terhadap kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Bandung. Pelatihan peningkatan kompetensi guru memiliki indikator reaksi peserta, pengetahuan dari pembelajaran, perubahan perilaku, dan hasil atau perbaikan. Adapun indikator kinerja guru yaitu kualitas kerja, kecepatan atau ketepatan kerja, inisiatif dalam kerja, kemampuan kerja, dan komunikasi. Adapun asumsi yang menjadi dasar penelitian ini yaitu tinggi rendahnya atau baik buruknya kinerja guru dipengaruhi pelatihan peningkatan kompetensi. Maka, berdasarkan asumsi tersebut, hipotesis yang dirumuskan yaitu semakin baik pelatihan peningkatan kompetensi, maka semakin baik kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Bandung. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ekspos fakto (expost facto research). Sampel yang diambil sebanyak 58 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunkan angket dengan melakukan uji instrumen validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian membuktikan bahwa pelatihan peningkatan kompetensi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Bandung dalam kategori tinggi. Kemudian, mengenai kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Bandung berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan analisis korelasi dinyatakan ada korelasi positif dan signifikan pelatihan peningkatan kompetensi dengan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Bandung sebesar 0.706 dengan berada pada interval antara 0,60-0,799 pada kategori kuat. Hasil analisis regresi linear sederhana membuktikan bahwa adanya pengaruh pelatihan peningkatan kompetensi positif dan signifikan terhadap kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Bandung sebesar 49.90%, sehingga hipotesis kerja penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan; Kinerja Guru
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
General Management > Education, Research of Management
General Management > Elements of Personnel Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Novi Susana
Date Deposited: 04 Dec 2020 03:32
Last Modified: 04 Dec 2020 03:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35139

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item