Analisis tingkat kesehatan bank dengan menggunakan metode Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning dan Capital (RGEC) pada PT. Bank BRI Tbk yang terdaftar di BEI Pperiode 2012-2019

Gusteriansyah, Alfia Sissy (2020) Analisis tingkat kesehatan bank dengan menggunakan metode Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning dan Capital (RGEC) pada PT. Bank BRI Tbk yang terdaftar di BEI Pperiode 2012-2019. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 abstrak.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3 daftar isi.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4 babi.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5 babii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6 babiii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7 babiv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8 babv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9 daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Tingkat kesehatan bank merupakan suatu kepentingan dari semua pihak yang terkait, tetapi yang paling terpenting ialah harus mendapatkan tingkat kepercayaan dari masyarakat, yang merupakan hal mutlak yang harus dimiliki perusahaan perbankan, salah satu cara untuk menjaga hubungan tersebut adalah dengan melakukan penilaian tingkat kesehatan bank, melaluiPeraturan Bank Indonesia No. 13/1/PBI/2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan menggunakan metode RGEC,penilaian Risk Profile menggunakan Non Performing Loan dan Loan To Deposit, Good Corporate Governance menggunakan Self Assessment on Implementation of GCG,Earning menggunakan Return On Assets, Capital menggunakan Capital Adequacy Ratio. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif, dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknis analisis data menggunakan statistik deskripsif, uji normalitas, dan pengujian yang telah ditetapkan oleh peratutan BI no 13/1/2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada periode 2012-2015 berada pada predikat sangat sehat dan tahun 2016-2019 berada pada predikat sehat.Risk Profile menunjukkan Non Performing Loan bank di bawah 5% dengan predikat sehatdanLoan To Deposit Ratiobank berpredikat sehat. Good Corporate Governance menunjukkan bank mendapat predikat sehat. Earning menunjukkan Return On Assets bank lebih dari 1,5% dan berada dalam posisi sangat sehat,Capital menunjukkan Capital Adequacy Ratio bank lebih dari 12% sehingga kondisi bank dalam keadaan yang sangat sehat. Berdasarkan dari hasil analisis dapat dinyatakan bahwa dari tahun 2012 hingga 2019 kesehatan PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk mendapatkan peringkat komposit 2 dengan kriteria “sehat”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kesehatan Bank; Risk Profile; Good Corporate Governance; Earning; Capital; BRI
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Alfia Sissy G
Date Deposited: 23 Nov 2020 06:32
Last Modified: 23 Nov 2020 06:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35174

Actions (login required)

View Item View Item