Pengaruh Cost Of Revenue dan US $ Rate (BI) terhadap Price Earning Ratio dengan mempertimbangkan Cash Dividend sebagai variable mediasi pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Penelitian pada PT. Unilever Indonesia Tbk. periode 2008-2018

Suhaeni, Iis (2020) Pengaruh Cost Of Revenue dan US $ Rate (BI) terhadap Price Earning Ratio dengan mempertimbangkan Cash Dividend sebagai variable mediasi pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Penelitian pada PT. Unilever Indonesia Tbk. periode 2008-2018. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu yang menjadi elemen penting pada langkah ekonomi Negera di Indonesia adalah pasar modal. Pasar modal sudah tentu menjadi tempat investasi yang diminati oleh berbagai kalangan, terutama kalangan menengah ke atas. Pasar modal, terutama produk saham, dianggap sebagai alternatif yang lebih menguntungkan untuk menyalurkan dana daripada menabung. Namun pada investasi saham ini, perlu memperhatikan beberapa faktor agar return yang diharapkan bisa mencapai titik optimal. Beberapa faktor tersebut diantaranya Cost Of Revenue, US $ Rate (BI), Cash Dividend dan Price Earning Ratio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Cost Of Revenue dan US $ Rate (BI) Terhadap Price Earning Ratio pada salah satu perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII), yaitu PT. Unilever Indonesia Tbk. periode 2008-2018. Pengaruh Cost Of Revenue dan US $ Rate (BI) Terhadap Price Earning Ratio dengan Mempertimbangkan Cash Dividend Sebagai Variable Mediasi pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) (Penelitian pada PT. Unilever Indonesia Tbk. Periode 2008-2018). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian dengan menggunakan analisis uji normalitas data, analisis asumsi klasik dan analisis jalur (path analysis). Analisis pada penelitian ini didukung dengan menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 23. Data yang digunakan adalah data sekunder dari website Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara Cost of revenue terhadap Cash dividend pada PT. Unilever Indonesia Tbk. Periode 2008-2018. karena thitung < ttabel (-0,506 < 2,3060) sehingga Ho diterima. Terdapat pengaruh yang tidak signifikan US $ Rate (BI) Terhadap Cash dividend karena thitung < ttabel -0,595 < 2,3060) sehingga Ho diterima. Terdapat pengaruh yang tidak signifikan Cost of revenue terhadap Price earning ratio karena thitung < ttabel (-0,500 < 2,3060) sehingga Ho diterima. Terdapat pengaruh yang tidak signifikan US$ Rate (BI) terhadap Price earning ratio karena thitung < ttabel (-0,110 < 2,3060) sehingga Ho diterima. Terdapat pengaruh yang tidak signifikan Cash dividend terhadap Price earning ratio karena thitung < ttabel (1,840 < 2,3060) sehingga Ho diterima. Adapun variabel Cost of revenue berpengaruh tidak signifikan terhadap Price earning ratio melalui Cash dividend sebagai variabel mediasi karena besaran nilai pengaruh langsung Cost of revenue terhadap Price earning ratio lebih kecil dibandingkan nilai pengaruh tidak langsung (-0,160 < -0,110) dan US$ Rate (BI) berpengaruh tidak signifikan terhadap Price earning ratio melalui Cash dividend sebagai variabel mediasi karena nilai pengaruh langsung US$ Rate (BI) terhadap Price earning ratio lebih besar dibandingkan nilai pengaruh tidak langsung, (-0.035 > -0,129)

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Cost Of Revenue; US $ Rate (BI); Cash Dividend; Price Earning Ratio
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting > Financial Reporting
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Iis Suhaeni
Date Deposited: 24 Nov 2020 00:36
Last Modified: 24 Nov 2020 00:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35181

Actions (login required)

View Item View Item