Pesan dakwah dalam thread twitter: Analisis isi pesan dakwah dalam thread twitter berjudul KKN di Desa Penari oleh @SimpleM81378523

Yusuf, Muhamad Maulana (2020) Pesan dakwah dalam thread twitter: Analisis isi pesan dakwah dalam thread twitter berjudul KKN di Desa Penari oleh @SimpleM81378523. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini dapat dijadikan sebagai peluang yang mendukung penyebaran informasi menjangkau lebih luas khalayaknya, salah satu contohnya adalah penggunaan media sosial. Dalam memberikan konten dakwah yang inovatif, seorang da’i dituntut untuk menguasai dan memanfaatkan media sosial sebagai salah satu media untuk menyampaikan pesan dakwah. Salah satu media sosial yang dapat dijadikan sebagai media berdakwah adalah Twitter. Dengan Twitter, seorang da’i dapat menuliskan pesan-pesan kebaikan pada fitur utas atau thread. Akun anonim @SimpleM81378523 merupakan salah satu contoh pengguna media sosial yang memanfaatkan Twitter sebagai media untuk menulis cerita bergenre horor namun mengandung pesan-pesan kebaikan kepada pembacanya. Salah satu judul ceritanya adalah thread “KKN di Desa Penari” yang mendapat perhatian lebih dan sambutan yang positif dari pengguna media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mengetahui kategori pesan dakwah yang meliputi kategori substansi maupun kategori bentuk serta imbauan pesan dakwah yang terdiri dari imbauan rasional, imbauan emosional, imbauan takut, imbauan ganjaran, dan imbauan motivasional yang terdapat dalam thread Twitter berjudul “KKN di Desa Penari” oleh @SimpleM81378523. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori pesan dakwah terkait teori kategori substansi oleh Heri Jauhari dan teori kategori bentuk oleh Onong Uchjana serta teori imbauan pesan dakwah Jalaluddin Rakhmat. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Analisis isi (content analysis) digunakan oleh peneliti untuk memperoleh keterangan isi dari sebuah pesan, baik dalam bentuk pesan tersirat maupun pesan tersurat yang berkenaan dengan apa yang terkandung dalam objek penelitian ini. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi dan kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa thread Twitter berjudul “KKN di Desa Penari” yang ditulis dan diunggah oleh akun @SimpleM81378523 adalah karya tulis yang mengandung pesan dakwah. Kategori pesan dakwah dalam thread Twitter ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu substansi dan bentuk. Kategori pesan akidah menjadi pesan yang banyak terdapat dalam thread tersebut dengan persentase sebesar 28,8% dari jumlah pesan dakwah secara keseluruhan. Pada kategori pesan akidah ini berkaitan dengan iman kepada Allah SWT, istighfar mengingat Allah, anjuran berdoa memohon kepada Allah, percaya pada hal ghaib, dan tidak menyekutukan Allah. Sedangkan pada kategori bentuk pesan, penulis banyak menggunakan teknik instruktif. Sedangkan pada imbauan pesan dakwah, imbauan takut menjadi imbauan pesan yang banyak terkandung dalam thread tersebut karena berisi pesan yang menakutkan, mengancam, dan meresahkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesan; Dakwah; Thread; Twitter
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Literature
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Maulana Yusuf
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:00
Last Modified: 24 Nov 2020 03:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35184

Actions (login required)

View Item View Item