Habituasi pembacaan surat Al-Fath ayat 29 dan shalawat Nariyah di Pondok Pesantren Hamalatul Quran Jogoroto Jombang

Albarizi, Faris (2020) Habituasi pembacaan surat Al-Fath ayat 29 dan shalawat Nariyah di Pondok Pesantren Hamalatul Quran Jogoroto Jombang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy

Abstract

Di Pondok Pesantren Hamalatul Quran Jogoroto Jombang terdapat suatu kegiatan santri yang sangat unik yakni kegiatan pembacaan surat al-Fath ayat 29 dan shalawat Nariyah yang disertai setiap santri yang membacanya sambil membawa segenggam beras. Dalam hal ini lah penulis muncul pertanyaan apa dasar dan tujuan dari kegiatan tersebut dan apa makna dan manfaat dari kegiatan tersebut? Oleh karena itu, penulis akan menuangkan pertanyaan tersebut ke dalam skripsi yang berjudul: Habituasi Pembacaan Surat al-Fath Ayat 29 dan Shalawat Nariyah di Pondok Pesantren Hamalatul Quran Jogoroto Jombang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dasar dan tujuan, serta mengetahui kegiatan tersebut berlangsung dengan melakukan penelitian secara langsung ke lapangan. Selain itu untuk mengetahui makna dan manfaat dari diadakannya kegiatan tersebut. Penelitian ini berdasarkan pada kerangka pemikiran atau teori dari living Quran, habituasi (pembiasaan) dan shalawat. Yang pada masing-masing sub-bab terdapat poin-poin pendukung dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian living Quran, dalam jenis penelitian ini berusaha mengkaji bentuk interaksi masyarakat Muslim terhadap Alquran pada aspek penerapan teks Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Peneliti bekerja sebagai kunci dalam pengumpulan data yang diperlukan dalam memenuhi data untuk pertanyaan dan tujuan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan cara mereduksi data, menyajikan data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Kegiatan habituasi pembacaan surat al-Fath ayat 29 dan shalawat Nariyah merupakan suatu amaliah yang digunakan sebagai dzikr al-Quran setiap hari, yang melibatkan bahan pokok yang berupa beras dengan tujuan untuk mengundang beras-beras yang lainnya melalui pembacaan surat al-Fath ayat 29 dan shalawat Nariyah kepada Allah; Kegiatan ini secara langsung tidak ada hubungannya dengan kegiatan menghafal Alquran melainkan dzikir kepada Allah, namun secara tidak langsung kegiatan ini juga mengajarkan kepada para santri bahwa sesulit apapun dalam menghafal ayat-ayat Alquran jika dibaca secara berulang-ulang maka dengan sendirinya ayat tersebut akan hafal; Tujuan kegiatan ini adalah memohon kepada Allah agar diberikan kecukupan rizki supaya niat mulia dan tujuan pesantren memberikan fasilitas biaya gratis kepada para santri yang sedang menghafal Alquran dapat terealisasikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Habituasi; Surat al-Fath ayat 29; Shalawat Nariyah; PPHQ
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: faris albarizi
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:03
Last Modified: 30 Nov 2020 04:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35297

Actions (login required)

View Item View Item