Dampak sosial penutupan jalan KH. Hasyim Ashari (Roxy Mas) terhadap transformasi sosial masyarakat Kampung Duri Pulo, Jakarta Pusat

Syahputra, Ibnu (2020) Dampak sosial penutupan jalan KH. Hasyim Ashari (Roxy Mas) terhadap transformasi sosial masyarakat Kampung Duri Pulo, Jakarta Pusat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy

Abstract

Penutupan jalan seringkali mengalami dampak sosial yang berarti bagi masyarakat yang terkena dengan hal tersebut. Sehingga banyak masyarakat yang menolak dengan adanya penutupan jalan tersebut dengan berbagai alasan. Sama halnya dengan jalan KH. Hasyim Ashari (Roxy Mas) yang banyak menolak karena dampak sosial yang ditimbulkannya besar sekali. Sehingga transformasi sosial masyarakat Kampung Duri Pulo mengalami gejolak yang berbeda dari biasanya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dampak-dampak yang ditimbulkan akibat penutupan jalan KH. Hasyim Ashari (Roxy Mas) terhadap transformasi sosial dari warga Kampung Duri Pulo. Selain itu mengetahui faktor penyebab terjadinya penutupan jalan tersebut. Serta harapan masyarakat dalam penyelesaian masalah jalan tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan teori fungsionalis Ogburn tentang kesenjangan budayanya. Kesenjangan budaya ini seperti adanya suatu unsur budaya yang sudah melekat pada masyarakat yang berubah sehingga masyarakat mengalami shock dan terjadi penolakan atau sebagian menerima dari unsur yang berubah tersebut. Jadi, masyarakat mengharuskan adaptasi terhadap unsur baru tersebut sampai semua menerima unsur baru tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini bersumber dari primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara mendalam, observasi, dan kajian pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penutupan jalan KH. Hasyim Ashari ini sangat berdampak kepada akses jalan yang sebelumnya fleksibel, dekat, dan praktis menjadi sulit dan jauh. Selain itu semakin menjamur secara luas parkir liar dan pedagang walau berbeda penghasilan. Munculnya Paguyuban Pintu Surga yang menjadi pengganti dari palang pintu rel kereta api. Tiga dampak sosial tersebut yang berdampak terhadap transformasi sosial masyarakat Kampung Duri Pulo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dampak Sosial; Penutupan Jalan; Transformasi Sosial.
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ibnu Syahputra
Date Deposited: 01 Dec 2020 04:36
Last Modified: 01 Dec 2020 04:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35298

Actions (login required)

View Item View Item