Pemberdayaan perempuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga: Studi kasus Kelompok Wanita Tani (KWT) Secerah Pagi di Kelurahan Larangan Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon

Oftoyani, Serli (2019) Pemberdayaan perempuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga: Studi kasus Kelompok Wanita Tani (KWT) Secerah Pagi di Kelurahan Larangan Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BABA III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan saat ini masih menjadi masalah besar di Indonesia yang belum dapat dientaskan sepenuhnya. Banyaknya penduduk miskin di Indonesia menjadikan tantangan bagi pemerintah untuk mengembangkan ekonomi masyarakat. Menariknya, perempuan banyak terlibat dalam kebijakan pengembangan ekonomi masyarakat untuk bangkit dari kemiskinan. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan: (1) Program-program yang dilakukan Kelompok Wanita Tani (KWT) Secerah Pagi dalam memberdayakan perempuan untuk mensejahterakan keluarga di Kp. Merbabu Asih, dan (2) Faktor penghambat dan pendukung Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di Kp/ Merbabu Asih. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan dari Jim Ife sebagai salah satu alternatif konsep peran atau tugas fasilitator masyarakat yang menjelaskan tiga strategi pemberdayaan: (1) Perencanaan dan kebijakan, (2) Aksi sosial dan politik, dan (3) Peningkatan kesadaran dan pendidikan. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan memberi penjelasan serta metode studi kasus untuk melakukan analisis mengenai kasus dengan teliti dan lengkap kepada 30 informan yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) dalam membantu pengasilan keluarga. Pengumpulan data primer dilakukan melalui wawancara dan observasi, dan data sekunder melalui studi kepustakaan. Analisis data menggunakan tiga tahapan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelompok Wanita Tani (KWT) Secerah Pagi terlibat aktif dalam pengembangan ekonomi masyarakat dengan strategi pemberdayaan melalui perencanaan, aksi sosial, dan peningkatan kesadaran sehingga membuat perempuan berdaya dengan memiliki kemandirian dan ketrampilan dalam ketahanan pangan untuk meningkatkan ekonomi keluarga dan mencegah terjadinya inflasi daerah yang sewaktu-waktu bisa terjadi dan berdampak terhadap kesejahteraan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan perempuan; kesejahteraan keluarga; Kelompok Wanita Tani
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Process > Social Change
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Women
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Serli SRL Serli
Date Deposited: 30 Nov 2020 07:55
Last Modified: 30 Nov 2020 07:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35364

Actions (login required)

View Item View Item