Pelaksanaan penyaluran aluran bantuan pangan non tunai di Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi dihubungkan dengan peraturan Menteri Sosial nomor 11 tahun 2018 tentang bantuan pangan non tunai

Hadi, Ahmad Syahid Syamsul (2020) Pelaksanaan penyaluran aluran bantuan pangan non tunai di Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi dihubungkan dengan peraturan Menteri Sosial nomor 11 tahun 2018 tentang bantuan pangan non tunai. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

BPNT adalah peralihan dari Program Bantuan Beras Sejahtera ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Program ini pernah beberapa kali berganti nama dari OPK kemudian menjadi raskin selanjutnya pada tahun 2016 beras raskin berubah nama menjadi beras sejahtera. Mekanisme penyaluran BPNT dilaksanakan melalui jaringan sistem elektronik. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima bantuan senilai Rp. 110.000,- (seratus sepuluh ribu rupiah) setiap bulan melalui kartu kombo/e-Walet. Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Sukabumi masih ditemukan banyak permasalahan diantaranya berkenaan dengan infrastruktur maupun non infrastruktur seperti ketersedian barang, ketersedianan e-waroong dan SDM pelaksana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan penyaluran BPNT di Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi, Kendala yang dihadapi pada pelaksanaan penyaluran BPNT di Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi dan Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan penyaluran BPNT di Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis normatif dilakukan untuk menganalisa suatu permasalahan dalam penyaluran BPNT yang ada didalam penelitian dengan teori hukum, asas hukum, peraturan perundangan-undangan, dan yang menghasilkan argumentasi dan teori ilmiah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah; Tehnik pengumpulan dokumen, teknik wawancara dan observasi,. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan ditemukan bahwa pelaksaan penyaluran BPNT di Kecamatan Kadudamapit Kabupaten Sukabumi pada awalnya dilakukan oleh BUMDES namun hal itu tidak sesuai dengan Permensos Nomor 11 Tahun 2018 tentang BPNT. Kemudian setelah keluar surat dari Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin, penyaluran BPNT secara bertahap dilakukan oleh E-Waroong. Kendala yang dihadapi pada Pelaksanaan Penyaluran BPNT di Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi antara lain Ketersediaan infrastruktur seperti E-waroong, Electronic Data Capture (EDC), pergantian kartu E-Wallet dan barang pangan, ketersediaan SDM dan kedala yang diakibatkan dari kondisi alam seperti cuaca tidak menentu dan akses jalan yang tidak memadai. Upaya yang di lakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan penyaluran BPNT di Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi antara lain pemerintah melakukan penelusuran kasus dan/atau masalah yang terjadi di lapangan, mengadakan rapat koordinasi dengan smua stakeholder terkait di Kabupaten Sukabumi, melaksanakan penguatan jalur koordinasi dengan Pendamping BPNT, optimalisasi peran Organisasi Perangkat Daerah, melaksanakan sosialisasi tentang Pedoman Umum Bantuan Pangan Non Tunai (PEDUM BPNT), mengoptimalkan peran Tim Koordinasi (TIKOR), melakukan pemutakhiran data dan melaksanakan pelatihan bagi Sumber Daya Manusia (SDM)

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT); Kesejahteraan sosial; Kadudampit-Sukabumi;
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: A. Syahid Syamsul Hadi
Date Deposited: 01 Dec 2020 05:43
Last Modified: 01 Dec 2020 05:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35382

Actions (login required)

View Item View Item