Bimbingan akhlak pada santri melalui pengkajian kitab Ta’lim Al-Muta’alim : Penelitian di Pesantren Salafiyah Nurul Falah, Cijerah, Bandung

Dewi, Ayunda Westika (2020) Bimbingan akhlak pada santri melalui pengkajian kitab Ta’lim Al-Muta’alim : Penelitian di Pesantren Salafiyah Nurul Falah, Cijerah, Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Anak merupakan amanah Allah yang diberikan kepada orong tua untuk dijaga keselamatannya baik dunia maupun akhirat. Dewasa ini banyak sekali pemberitaan mengenai anak yang bermunculan di televisi maupun media sosial lainnya. Mulai dari pembolosan, tawuran, pengkonsumsian narkoba secara masal dikalangan remaja dan masih banyak perbuatan lainnya yang menunjukan kebobrokan akhlak. Maka perlu tanggung jawab yang utuh untuk membimbingnya, orang yang paling bertanggung jawab adalah orang tua. Tidak sedikit orang tua yang memasukan anaknya kepesantren dengan alasan agar anaknya mendapatkan bimbingan akhlak dan memiliki pengetahuan yang lebih mengenai ilmu agama. karena bimbingan akhlak yang tepat dapat membentuk pondasi akhlak yang kokoh pada manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman diri santri melalui pengkajian kitab Ta’lim Al-Muta’alim, pengarahan diri santri melalui pengkajian kitab Ta’lim Al-Muta’alim, serta pengaktualisasian diri melalui pengkajian kitab Ta’lim Al-Muta’alim. Bimbingan akhlak merupakan upaya menuntun seseorang ke arah yang bermanfaat bagi kehidupannya melalui pemahaman diri, dan pengarahan diri pada aktualisasi masa depan melalui sistem ketauhidan kepada Allah SWT yang termanifestasi dalam bentuk sikap yang terpuji. Karena aspek akhlak membahas mengenai tingkah laku, amal perbuatan dan sopan santun, baik kepada Allah SWT maupun kepada sesama manusia. Termasuk kewajiban-kewajiban yang harus dilaksanakan oleh santri yang harus ditumbuhkan agar mencapai akhlak sempurna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskkriptif yaitu mendeskripsikan fenomena yang ditemui di lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menggunakan keabsahan data dengan melalui uji credibility, transferbility, dependdebility dan confirmability. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) pemahaman diri santri melalui pengkajian kitab Ta’lim Al-Muta’alim santri dikenalkan dengan potensi akhlak baik yang ia miliki pada Allah SWT, Akhlak pada guru, santri lain dan akhlak pada ilmu; 2) pengarahan diri santri melalui diawali dengan meluruskan niat kerena Allah SWT, melatih kesabaran serta keistiqomahan, dan tawakal pada Allah SWT; 3) pengaktualisasian diri melalui pengkajian kitab Ta’lim Al-Muta’alim dapat dilihat dari tercapainya indikator-indikator tentang pemahaman diri santri mengenai potensi Akhlak yang ia miliki. Di penelitian ini santri menunjukan pehaman dan pengarahan diri yang baik dan cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bimbingan akhlak; santri; kitab ta’lim al-muta’alim;
Subjects: Islam > Da'wah
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ayunda Westika Dewi
Date Deposited: 18 Jan 2021 03:07
Last Modified: 18 Jan 2021 03:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35406

Actions (login required)

View Item View Item