Pengaruh pendapatan margin Murabahah dan pendapatan bagi hasil Musyarakah terhadap laba bersih pada PT. Bank Syariah Bukopin periode 2012-2019

Pertiwi, Sekar Tiara Ajeng (2020) Pengaruh pendapatan margin Murabahah dan pendapatan bagi hasil Musyarakah terhadap laba bersih pada PT. Bank Syariah Bukopin periode 2012-2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy

Abstract

Laba bersih merupakan kenaikan bersih atas modal yang berasal dari kegiatan usaha dan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pendapatan margin murabahah dan pendapatan bagi hasil musyarakah. Berdasarkan teori, kedua variabel tersebut berpengaruh positif terhadap Laba Bersih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Pendapatan Margin Murabahah terhadap Laba Bersih, (2) Pengaruh Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah terhadap Laba Bersih, (3) Pendapatan Margin Murabahah dan Pengaruh Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah terhadap Laba Bersih pada PT. Bank Syariah Bukopin periode 2012-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni sumber data sekunder yang diambil dari laporan keuangan PT. Bank Syariah Bukopin periode 2012-2019 melalui website resminya www.syariahbukopin.co.id. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, kepustakaan dan browser. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedasitas, dan uji miltikolineritas), analisis kuantitatif (analisis regresi linier sederhana, dan analisis koefisien determinasi). Untuk analisis uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f, pengolahan data dilakukan dengan cara menggunakan perhitungan SPSS for windows 25.0 untuk memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil pengujian hipotesis Pendapatan Margin Murabahah menunjukkan sebesar 12,2% yang artinya secara parsial variabel independen Pendapatan Margin Murabahah tidak berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih, (2) hasil pengujian hipotesis Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah 7,8% yang artinya secara parsial variabel independen Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah tidak berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih, (3) hasil pengujian hipotesis Pendapatan Margin Murabahah dan Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah terhadap Laba Bersih menunjukkan hasil sebesar 15.7% yang artinya secara simultan variabel independen Pendapatan Margin Murabahah dan Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah berpengaruh positif tidak signifikan terhadap variabel dependen Laba Bersih pada PT. Bank Syariah Bukopin Periode 2012-2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Margin Murabahah; Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah; Laba Bersih
Subjects: Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Bisnis Syariah dan Perbankan Syariah
Depositing User: Sekar tiara ajeng Pratiwi
Date Deposited: 01 Dec 2020 07:47
Last Modified: 01 Dec 2020 07:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35408

Actions (login required)

View Item View Item