Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal kemampuan pemahaman matematis berdasarkan taksonomi SOLO Plus

Herman, Sella Silvia (2020) Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal kemampuan pemahaman matematis berdasarkan taksonomi SOLO Plus. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal kemampuan pemahaman matematis berdasarkan Taksonomi SOLO Plus. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pelaksanaan tes diikuti oleh 22 siswa dari VII-B SMP Al-Hasan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan kecenderungan level yang memenuhi prastructual, unistructural, multistructural, dan relasional. Dalam penelitian ini tidak ditemukan adanya siswa dengan kecenderungan pada level semirelasional, abstract dan extended abstract. Kesalahan subjek pada masing-masing indikator diantaranya kesalahan konsep (KK), kesalahan memasukan data (KD), kesalahan interpretasi bahasa (KI) kesalahan teknis (KT) dan kesalahan penarikan kesimpulan (KS). Kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan memasukan data, kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan teknis dan kesalahan penarikan kesimpulan. Faktor penyebab kesalahan umumnya dilakukan karena siswa tidak dapat menafsirkan maksud dari soal dan tingkat pemahaman kreativitas siswa yang rendah dalam mengidentifikasi permasalahan nyata ke dalam model matematika. Beberapa solusi untuk memanimalisir kesalahan yang dilakukan siswa dengan melakukan penguatan kembali terhadap materi penguasan konsep pemahaman matematika. Sehingga implementasinya guru dapat memberikan rancangan pembelajaran yang menekankan kepada letak kesalahan siswa dan siswa dapat mengetahui letak kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan; Taksonomi SOLO Plus; Kemampuan Pemahaman Matematis
Subjects: Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Sella Silvia Herman
Date Deposited: 16 Mar 2022 05:51
Last Modified: 16 Mar 2022 05:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35418

Actions (login required)

View Item View Item