Aktivitas jamaah majlis ta'lim mengikuti pengajian rutin ilmu tajwid hubungannya dengan kemampuan membaca: Penelitian pada Ibu-ibu Majelis Ta’lim Al-Bayyinah Margaasih Kabupaten Bandung

Nailurrahmah, Ulfah (2020) Aktivitas jamaah majlis ta'lim mengikuti pengajian rutin ilmu tajwid hubungannya dengan kemampuan membaca: Penelitian pada Ibu-ibu Majelis Ta’lim Al-Bayyinah Margaasih Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (630kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis di Majelis Ta’lim Al-Bayyinah Margaasih Kabupaten Bandung, diperoleh informasi bahwa majelis ta’lim tersebut mengadakan sebuah kegiatan pengajian rutin yang dibimbing oleh ustadzah. Materi yang disampaikan yaitu tentang tata cara membaca Al-Quran, melafalkan huruf demi huruf dalam Al-Quran. Tujuan dilaksankannya pengajian rutin tersebut agar jamaah mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Aktivitas jamaah pengajian rutin ilmu tajwid di Majelis Ta’lim Al-Bayyinah; 2) Kemampuan membaca Al-Quran di Majelis Ta’lim Al-Bayyinah; dan 3) Hubungan antara aktivitas jamaah pengajian rutin ilmu tajwid dengan kemampuan membaca Al-Quran di Majelis Ta’lim Al-Bayyinah. Penelitian ini berdasarkan pada suatu pemikiran bahwa aktivitas seseorang pada suatu kegiatan secara umum akan berpengaruh pada kemampuannya. Sebagaiman aktivitas jamaah pengajian rutin ilmu tajwid diasumsikan akan berdampak pada kemampuan mereka dalam membaca Al-Quran. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode korelasi. Responden terdiri dari 40 jamaah Majelis Ta’lim Al-Bayyinah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif, dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan menggunakan analisis parsial per indikator dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Aktivitas jamaah pengajian rutin ilmu tajwid berkategori tinggi, memiliki nilai rata-rata sebesar 3,41 yang berada pada interval 3,40 – 4,19; 2) Kemampuan membaca Al-Quran berkategori baik, memiliki nilai rata-rata sebesar 74,31 yang berada pada interval 70 – 79; 3) Hubungan aktivitas jamaah pengajian rutin ilmu tajwid dengan kemampuan membaca Al-Quran diperoleh: (a) Koefisien korelasi termasuk kategori lemah berdasarkan nilai 0,33 karena berada pada interval 0,20 – 0,399; (b) Uji hipotesis diterima, berdasarkan t hitung 2,07 > t tabel 0,3120. Artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara aktivitas jamaah pengajian rutin ilmu tajwid dengan kemampuan membaca Al-Quran; (c) Derajat pengaruh variabel X (aktivitas jamaah pengajian rutin ilmu tajwid) terhadap variabel Y (kemampuan membaca Al-Quran) sebesar 6%. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa masih terdapat faktor lain sebesar 94% yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca Al-Quran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas jamaah pengajian rutin; Ilmu tajwid; Kemampuan membaca Al-Quran;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulfah Nailurrahmah
Date Deposited: 02 Dec 2020 06:22
Last Modified: 02 Dec 2020 06:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35426

Actions (login required)

View Item View Item