Kesadaran kolektif masyarakat dalam bidang pendidikan di Desa Sirnaresmi Kabupaten Sukabumi: Penelitian di Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi

Nurmalasari, Reska (2020) Kesadaran kolektif masyarakat dalam bidang pendidikan di Desa Sirnaresmi Kabupaten Sukabumi: Penelitian di Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat Desa Sirnaresmi merupakan masyarakat Tradisional yang masih memegang teguh warisan budaya leluhur mereka. Dalam bidang pendidikan Sirnaresmi telah menggunakan sistem pendidikan nasional seperti yang digunakan di wilayah-wilayah lain. Namun bila dikaitkan dengan Kasepuhan, ilmu pendidikan bertolak belakang dengan ilmu adat, karena sistem kepercayaan adat berbeda dengan sistem pendidikan yang diajarkan di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mekanisme pendidikan di masyarakat Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. 2) Keberhasilan yang dicapai dalam bidang pendidikan melalui kesadaran kolektif di masyarakat Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan Teori Kesadaran Kolektif dari Emile Durkheim, yang menurutnya bahwa sebuah sistem yang tetap yang ada di masyarakat biasanya terbentuk karena adanya kepercayaan dan perasaan yang sama antar individunya, sehingga membentuk suatu ideologi atau pemikiran dan membentuk sistem. Berdasarkan Teori Kesadaran Kolektif Emile Durkheim penulis merelevansikan bahwa kesadaran kolektif masyarakat memberikan pengaruh besar terhadap kualitas pendidikan di Desa Sirnaresmi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan informan di masyarakat Desa Sirnaresmi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara kepada masyarakat Adat dan pemerintah Desa, dan Kajian Pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, Verifikasi dan Kesimpulan. Lokasi penelitian yaitu di Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cukup berdampak pada bidang pendidikan terhadap kesadaran kolektif dalam dunia pendidikan kurang mendukung. Seperti halnya kualitas guru, sarana dan prasarana yang kurang memadai dan peran orang tua yang tidak bisa mendukung anaknya sekolah. Keberhasilan yang dicapai bidang pendidikan melalui kesadaran kolektif di Desa Sirnaresmi yaitu berubahnya pola pikir masyarakat ke arah yang lebih maju, akses jalan menuju sekolah diperbaiki, serta sarana dan prasarana sekolah semakin ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Kolektif; Masyarakat; Pendidikan
Subjects: Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Reska Nurmalasari
Date Deposited: 03 Dec 2020 02:44
Last Modified: 03 Dec 2020 02:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35430

Actions (login required)

View Item View Item