Budaya sekolah dan pengaruhnya terhadap karakter religius siswa: Penelitian di Kelas VIII SMPN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung)

Fathurrohmah, Annida Siti Sayyidah (2020) Budaya sekolah dan pengaruhnya terhadap karakter religius siswa: Penelitian di Kelas VIII SMPN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan, peneitian ini dilatar belakangi oleh budaya sekolah yang sudah terimplementasi dengan baik namun belum memberikan kontribusi secara maksimal terhadap karakter religius siswa, padahal budaya sekolah diyakini menjadi salah satu faktor yang dapat menumbuhkan karakter religius. Hal ini dipertegas dengan kondisi siswa di sekolah. Ada saja siswa laki-laki yang kabur ketika pelaksanaan shalat Jumat berjamaah di sekolah, juga siswa perempuan yang pulang lebih dulu untuk tidak mengikuti kegiatan keputrian. Selain itu ada beberapa kasus dari siswa yang menjaili dan menyakiti temannya berlebihan sehingga menimbulkan kecelakaan yang berakibat fatal dan harus ditangani oleh dokter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas budaya sekolah 2) Realitas karakter religius siswa, dan 3) Hubungan budaya sekolah dengan karakter religius siswa pada siswa kelas VIII SMPN 1 Cileunyi Bandung. Penelitian ini bertitik tolak sebuah pemikiran bahwa budaya sekolah dapat memberi pengaruh dan dampak positif pada karakter religius. Karakter religius merupakan salah satu hal yang penting dan tidak boleh dikesampingkan. Maka budaya sekolah menjadi salah satu upaya untuk memberi pengaruh dan dampak positif terhadak karakter religius siswa. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif. Responden penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMPN 1 Cileunyi denfan populasi 479 diambil sampel 10% yaitu 48 siswa. Tempat dan waktu penelitian di SMPN 1 Cileunyi dari 04 Mei 2020 s/d selesai. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan studi kepustakaan. Adapun teknik analisis data yaitu uji regresi linier dan uji kerelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Budaya sekolah di SMPN 1 Cileunyi berkategori baik dengan nilai 3,8 karena kualifikasi angka statistiknya berada pada interval 3,5 – 4,2. (2) Karakter religius siswa di SMPN 1 Cileunyi berkategori baik dengan nilai 4,2 karena kualifikasi angka statistiknya berada pada interval 3,5 – 4,2. (3) Pengaruh budaya sekolah terhadap karakter religius siswa di SMPN 1 Cileunyi termasuk ke dalam kategori kuat dengan nilai pearson correlation sebesar 0,788, karena kualifikasi angka statistiknya berada pada interval 0,61 – 0,08. Besar pengaruh budaya sekolah terhadap karakter religius siswa sebesar 62,1% dan 37,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari budaya sekolah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Budaya sekolah; Karakter; Karakter Religius
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Annida Siti Sayyidah Fathurrohmah
Date Deposited: 03 Dec 2020 07:16
Last Modified: 03 Dec 2020 07:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35441

Actions (login required)

View Item View Item