Pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa : Penelitian terhadap Siswa Kelas VII SMP Fauzaniyyah Garut

Hayah, Milya Jamilatul (2020) Pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa : Penelitian terhadap Siswa Kelas VII SMP Fauzaniyyah Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Siswa yang duduk dibangku SMP adalah siswa pada usia remaja awal, antara 12 – 15 tahun. Remaja adalah masa peralihan dari masa kanak – kanak yang penuh ketergantungan menuju masa pembentukan tanggung jawab. Perubahan yang terjadi dimasa remaja akan mempengaruhi perilaku individu dimasa depan. Pada masa remaja awal inilah siswa harus memiliki kepercayaan diri yang baik,karena kepercayaan diri merupakan aspek yang sangat berpengaruh dalam membentuk kepribadian siswa. Kepercayaan diri sangat dibutuhkan oleh setiap siswa, karena berpengaruh dalam setiap proses belajar, baik di sekolah, dan dimanapun. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Fauzaniyyah. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori belajar behavioristik. Teori belajar behavoirostik menekankan pada terbentuknya perilaku yang tampak sebagai hasil belajar dengan adanya pembiasaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Dalam prosesnya peneliti membentuk dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (mendapatkan perlakuan bimbingan kelompok) dan kelompok kontrol (tidak mendapatkan perlakuan bimbingan kelompok). Kuasi eksperimen dilakukan melalui dua tahapan tes, yaitu pretest dan posttest. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada sampel penelitian berjumlah 65 siswa yang diambil dengan teknik random sampling dari populasi seluruh siswa kelas VII SMP Fauzaniyyah. Hasil penelitian melalui uji independent sample T-test diperoleh sig (2-tiled) 0.000 < 0,05, maka ada perbedaan rata-rata kepercayaan diri siswa antara nilai rata-rata post-test kelompok kontrol (119,12) dan nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen (129,50). Uji paired sample T-test, kelompok kontrol memperoleh sig (0,758 > 0,05) dengan nilai rata-rata pre-test 119,27 dan post-test 119,12 maka tidak ada perbedaan nilai rata-rata untuk pre-test dan post-test kelompok kontrol. Kelompok eksperimen memperoleh sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 dengan nilai rata-rata pre-test 120,09 dan post-test 129,50 maka, terdapat perbedaan nilai rata-rata untuk pre-test dan post-test kelompok eksperimen. Nilai rata-rata kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 19,41. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bimbingan kelompok dengan teknik diskusi berpengaruh terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Fauzaniyyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Teknik Diskusi; Kepercayaan diri
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Milya Jamilatul Hayah
Date Deposited: 03 Dec 2020 07:20
Last Modified: 03 Dec 2020 07:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35459

Actions (login required)

View Item View Item