Pengaruh faktor fundamental terhadap harga saham perusahaan : Studi pengaruh ROA dan DER pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI Periode 2014-2018)

dalina, chanda (2020) Pengaruh faktor fundamental terhadap harga saham perusahaan : Studi pengaruh ROA dan DER pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI Periode 2014-2018). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap kinerja keuangan perusahaan dan sektor industri barang konsumsi merupakah salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan yang cukup pesat diimbangi dengan meningkatnya pendapatan masyarakat, tingkat konsumsi serta gaya hidup dengan menggunakan faktor fundamental diantaranya Return On Assets (ROA) dan Debt Equity Ratio (DER) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Assets (ROA) dan Debt Equity Ratio (DER) terhadap harga saham baik secara parsial maupun secara simultan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2018. Dimana variabel independen dalam penelitian ini adalah Return On Assets (ROA) dan Debt Equity Ratio (DER). Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah harga saham Metode penlitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan data panel dan sumber data yaitu data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah uji chow, uji hausman melalui pendekatan Common Effect Model, Fixed Effect Model, Dan Random Effect Model. Kemudian melakukan uji pengaruh dengan menggunakan uji-t, uji-f, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Return On Assets (ROA) tidak berpengaruh terhadap harga saham dengan nilai thitung lebih kecil dari ttabel (0.707156 < 1,991) dengan tingkat signifikan p-value sebesar 0.4816 (>0,05). Dan Debt Equity Ratio (DER) berpengaruh terhadap harga saham dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (5.952662 > 1,991) dengan tingkat signifikan p-value sebesar 0.0000 (>0,05) karena nilai p-value >α (5%). Secara simultan kedua variabel Return On Assets (ROA) dan Debt Equity Ratio (DER) berpengaruh positif terhadap harga saham dengan hasil uji F terlihat bahwa nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (19.42 > 2.72) dengan tingkat Prob (F-Statistik) sebesar 0.000000.Dengan menggunakan tingkat α 0.05 atau 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Finance management; Return On Assets (ROA); Debt Equity Ratio (DER);Harga Saham
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: chanda dalina
Date Deposited: 04 Dec 2020 07:22
Last Modified: 04 Dec 2020 07:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35478

Actions (login required)

View Item View Item