Pengaruh suhu kalsinasi pada sintesis komposit ZnO/SiO2 dari limbah baterai dan abu sekam padi serta aplikasinya untuk menangani metilen biru secara fotokatalitik

Hidayat, Avinka (2020) Pengaruh suhu kalsinasi pada sintesis komposit ZnO/SiO2 dari limbah baterai dan abu sekam padi serta aplikasinya untuk menangani metilen biru secara fotokatalitik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai sintesis ZnO/SiO2 untuk diaplikasikan pada proses dekolorisasi terhadap zat warna metilen biru. Metilen biru merupakan sejenis pewarna azo yang biasa digunakan di industri tekstil sebagai sumber pewarna. Pewarna azo dikenal toksik bagi sistem kehidupan dan lingkungan. Salah satu metode pengolahan limbah zat warna yang dapat dilakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan yaitu adsorpsi dan fotokatalisis. Komposit ZnO/SiO2 dapat menurunkan intensitas zat warna karena ZnO memiliki sifat fotokatalitik yang baik setelah diaktivasi oleh sinar/cahaya dan SiO2 memiliki sifat adsorpsi yang baik. Pada penelitian ini komposit ZnO/SiO2 Ddisintesis dengan variasi suhu kalsinasi 400, 700 dan 1000 ℃. Komposit ZnO/SiO2 disintesis menggunakan metode disperse padat-padat dari pencampuran padatan ZnO berasal dari limbah baterai dan SiO2 dari abu sekam padi. Setelah dikarakterisasi menggunakan XRD partikel ZnO yang dihasilkan merupakan mineral zincite sedangkan SiO2 dihasilkan mineral kristobalit. Sedangkan pada karakterisasi SEM terlihat pada setiap suhu menunjukkan morfologi yang berbeda. Komposit ZnO/SiO2 hasil sintesis, dapat menurunkan intensitas zat warna metilen biru dengan menggunakan sinar tampak. Hasil % dekolorisasi variasi massa terbesar yaitu 99,09%, untuk % dekolorisasi variasi waktu penyinaran yaitu 98,98%, sedangkan hasil % dekolorisasi variasi konsentrasi yaitu 97,98%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: adsorpsi; dispersi padat-padat; fotokatalisis; komposit ZnO/SiO2; limbah batrai; sekam padi; SEM; XRD.
Subjects: Inorganic Chemistry > Groups 8, 1B, 2B, 3A, 4A, 12
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Avinka Hidayat
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:00
Last Modified: 15 Feb 2021 02:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35508

Actions (login required)

View Item View Item