Peran Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui wisata alam : Studi deskriptif Pesona Leuweung Oko di Desa Cirapuhan, Kecamatan selaawi, Kabupaten Garut

Maulana, Hamdan (2020) Peran Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui wisata alam : Studi deskriptif Pesona Leuweung Oko di Desa Cirapuhan, Kecamatan selaawi, Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy

Abstract

Kesejahteraan masyarakat yang melipuiu kesejahteraan ekonomi dan sosial masih belum terpenuhi seutuhnya. Dalam hal ini daerah-daerah pedesaan yang mengalami kesenjangan kesejahteraan. Keadaan seperti ini diperparah dengan sumber daya manusia yang berada dipedesaan kurang mampu untuk mengelola potensi yang ada didesanya. Organisasi kemasyarakatan yang kemudian terlembagakan mempunyai peranan pentig terhadap kesejahteraan masyarakatnya. LMDH Desa Cirapuhan sebagai sebuah lembaga kemasyarakatan mempunyai sebuah kesadaran untuk membuat kemajuan didesa dengan mengembangakan sumber daya alam, berupa hutan oko menjadi sebuah wisata alam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Peran LMDH dalam meningkatkan kesejahreraan masyarakat melalui wisata alam, Norma-norma yang ditentukan, bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dan hasil pemberdayaan LMDH dalam meningkatkan kesejahteraan melalui wisata alam. Kerangka pemikiran yang digunakan adalah teori peran menurut levinson peran meliputi norma-norma yang dihubungkan dengan posisi atau tempat seseorang dalam masyarakat. Peran dalam arti ini merupakan rangkaian peraturan-peraturan yang membimbing seseorang dalam kehidupan bermasyarakat. Kemudian peranan adalah konsep tentang apa yang dapat dilakukan oleh individu dalam masyarakat sebagai organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriftif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan penafsiran logika yang dihubungkan dengan kontek pemberdayaan masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan masyarakat oleh LMDH melalui wisata alam yaitu penguatan sumber daya manusia dan pengembangan sumber daya alam. Penguatan sumber daya manusia dengan adanya pembekalan materi administratif, materi teknis dan motivasi. Hasil pemberdayaan diantaranya timbulnya kesadaran mengambangkan potensi yang ada. Meningkatkan penghasilan masyarakat, terbukanya peluang usaha, kegiatan-kegiatan sosial dapat terlaksana dengan baik, secara umum maka dapat disimpulkan bahwa peran LMDH dalam meningkatakan masyarakat melalui wisata alam bisa dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LMDH; Kesejahteraan Masyarakat; Wisata Alam
Subjects: Islam > Islam and Economics
Islam > Da'wah
Communities > Community Sociology
Production, Industrial Economics > International Economic Development In Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: hamdan maulana
Date Deposited: 07 Dec 2020 01:04
Last Modified: 07 Dec 2020 07:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35518

Actions (login required)

View Item View Item