Terapi jasmani rohani terhadap pasien depresi di Rehabilitasi Mental Darul Hilim: Studi kualitatif deskriptif di Rehabilitasi Mental Darul Hilim Ciamis

Ummah, Anis Nurazizatul (2020) Terapi jasmani rohani terhadap pasien depresi di Rehabilitasi Mental Darul Hilim: Studi kualitatif deskriptif di Rehabilitasi Mental Darul Hilim Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

WHO mengemukakan bahwa depresi menduduki posisi ke empat dari penyakit yang ada di dunia. Di Indonesia prevalensi penderita depresi yaitu 3,7% dari populasi penduduk. Sampai sekitar 9 juta penduduk yang menderita depresi dari 250 juta penduduk di Indonesia. Sedangkan di kabupaten Ciamis mencapai angka 1000 lebih warga Ciamis yang menderita penyakit gangguan jiwa yang tercatat oleh Dinas Kesehata Kabupaten Ciamis pada tahun 2017. Penelitian ini menggunakan jenis metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang lebih memfokuskan pada proses dari Terapi Jasmani Rohani. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian nantinya akan dianalasis untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa tahap dalam prosesnya diantaranya Terapi Jasmani dengan cara melakukan olahraga secara rutin, membiasakan pola hidup yang sehat seperti pola makan yang teratur, konseling kelompok dan rekreasi. Proses Terapi Rohani ialah dengan melakukan terapi mandi taubat, terapi shalat, terapi dzikir, dan terapi puasa, selain itu juga pasien difasilitasi dengan kegiatan keterampilan seperti bercocok tanam, berternak, dan pertukangan. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa Terapi Jasmani Rohani efektif untuk penanganan pasien depresi, terbukti dari respon pasien setelah melakukan Terapi Jasmani Rohani mengalami perubahan dan dapat menjalani tugasnya dalam lingkungan sosial. Oleh karena itu Terapi Jasmani Rohani di Rehabilitasi Mental Darul Hilim dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif penanganan pasien depresi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: gangguan jiwa;depresi;penanganan;terapi;psikoterapi islam
Subjects: Miscellaneous Branches of Medicine and Surgery > Rehabilitation
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: anis nurazizatul ummah
Date Deposited: 20 Jan 2021 03:09
Last Modified: 20 Jan 2021 03:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35536

Actions (login required)

View Item View Item