Ramadhan, Yuran (2020) Pengembangan media pembelajaran Physics Fun berbasis Mobile Learning untuk meningkatkan kemampuan Representasi peserta didik pada materi Optik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (968kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan representasi merupakan kemampuan dalam mengungkapkan kembali informasi yang diterima ke dalam bentuk penyampaian informasi lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kelayakan aplikasi Physics Fun dan meningkatkan kemampuan representasi peserta didik melalui pembelajaran menggunakan aplikasi Physics Fun berbasis m-learning. Metode penelitian menggunakan jenis metode Design and Development (D&D) dengan model 4D yang meliputi Define yaitu analisis kurikulum, lapangan, dan studi pustaka, Design mengenai rancangan instrumen dan aplikasi Physics Fun, Development merupakan proses pembuatan aplikasi Physics Fun dan uji validasi, Dissemination merupakan penggunaan aplikasi Physics Fun dalam kegiatan pembelajaran di kelas XI MIA 3 MAN 2 Kota Bandung dengan jumlah 26 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan kelayakan aplikasi sebesar 88,76% dengan interpretasi sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. N-Gain pada setiap bentuk kemampuan representasi adalah 0.76 untuk representasi gambar dengan interpretasi tinggi, 0.66 untuk representasi verbal dan representasi matematis dengan interpretasi sedang. Hasil penelitian diperoleh N-Gain keseluruhan sebesar 0,69 yang terkategori sedang sehingga disimpulkan terdapat peningkatan kemampuan representasi pada peserta didik setelah penerapan pembelajaran menggunakan aplikasi Physics Fun. Diharapkan penerapan ini pula dapat meningkatkan kemapuan abad 21 yang lainnya serta penggunaan aplikasi Physics Fun dapat digunakan pada berbagai bahasan materi fisika sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Physics Fun; Mobile Learning; Kemampuan Representasi |
Subjects: | Education, Research Physics Technology, Applied Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Yuran Ramadhan |
Date Deposited: | 10 Dec 2020 04:00 |
Last Modified: | 10 Dec 2020 04:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35544 |
Actions (login required)
View Item |