Analisis pengaruh profitabilitas, likuiditas dan struktur aktiva terhadap struktur modal pada bank syariah di Indonesia periode 2014-2018

Anis, Sa'adah (2019) Analisis pengaruh profitabilitas, likuiditas dan struktur aktiva terhadap struktur modal pada bank syariah di Indonesia periode 2014-2018. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Perbankan syariah pada saat ini mulai tumbuh dengan pesat setelah bertahan dari krisis ekonomi yang telah terjadi. Dalam kondisi ekonomi global yang terus maju saat ini, akan dapat menimbulkan persaingan usaha yang ketat pada industri perbankan. Keputusan pendanaan akan sangat menentukan kemampuan perbankan dalam melakukan aktivitas operasinya dan juga akan berpengaruh terhadap risiko perbankan itu sendiri. Perusahaan memerlukan dana untuk investasi dan kegiatan operasinya, perusahaan memilih serta menentukan apakah dana tersebut akan bersumber dari ekuitas atau hutang. Pilihan antara pendanaan hutang dan ekuitas sering disebut dengan keputusan Struktur Modal. Dalam penentuan keputusan Struktur Modal perusahaan terdapat berbagai faktor yang menjadi pertimbangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas (dengan rasio Return On Assets), Likuiditas (dengan rasio Financing to Deposit Ratio), dan Struktur Aktiva terhadap Struktur Modal (dengan rasio Debt to Equity Ratio) pada Bank Syariah di Indonesia periode tahun 2014 hingga tahun 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif-verifikatif dengan pendekatan Kuantitatif. Dengan populasi berjumlah 14 perbankan Syariah di Indonesia yang terdaptar di OJK sebagai Bank Umum Syariah dan dilakukan Purposive Sampling dan di dapat 5 perbankan Syariah terbesar di Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi data panel dengan model Random Effect Model, uji t (parsial), uji f (simultan) dan koefisien determinasi (R2) menggunakan software Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial Profitabilitas (dengan rasio Return On Assets) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Struktur Modal, Likuiditas (dengan rasio Financing to Deposit Ratio) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Struktur Modal, dan Struktur Aktiva berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Struktur Modal. Ssedangkan secara simultan Profitabilitas, Likuiditas dan Struktur Aktiva berpengaruh signifikan terhadap Struktur Modal pada pada Bank Syariah di Indonesia Periode 2014-2018. Dan variabel Profitabilitas, Likuiditas dan Struktur Aktiva mampu menjelaskan terhadap Struktur Modal sebesar 11.61%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas; Likuiditas; Struktur Aktiva; Struktur Modal; Bank Syariah;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Econmics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Anis Sa'adah Wahmat
Date Deposited: 08 Dec 2020 06:19
Last Modified: 08 Dec 2020 06:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35596

Actions (login required)

View Item View Item