Komala, Neng (2020) Aktivitas siswa mengikuti kegiatan pendidikan karakter Islami hubungannya dengan akhlak mereka di sekolah: Penelitian pada Siswa Kelas VIII di SMPN 56 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (414kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari adanya kegiatan pendidikan karakter islami yang dilakukan di SMPN 56 Bandung pada siswanya untuk dapat mewujudkan siswa yang mempunyai akhlak mulia. Namun pada kenyataannya terdapat 51 orang dari 258 siswa yang masih jauh dari akhlak mulia jika dipresentasekan sebanyak 20%. Data tersebut menimbulkan permasalahan yang berkaitan dengan bagaimana realitas aktivitas siswa mengikuti kegiatan pendidikan karakter islami, bagaimana realitas akhlak siswa dan bagaimana realitas hubungan aktivitas siswa mengikuti kegiatan pendidikan karakter islami dengan akhlak siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas aktivitas siswa mengikuti kegiatan pendidikan karakter islami di sekolah, realitas akhlak siswa dan realitas hubungan aktivitas siswa mengikuti kegiatan pendidikan karakter islami dengan akhlak siswa. Penelitian ini berangkat dari sebuah pemikiran bahwa akhlak dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, diantaranya adat kebiasaan. Kebiasaan terjadi karena adanya sebuah aktivitas yang dilakukan oleh seseorang. Aktivitas yang positif dilakukan secara berulang-ulang dapat mengubah akhlak siswa. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi aktivitas siswa mengikuti kegiatan pendidikan karakter islami maka semakin tinggi pula akhlak mereka, dan berlaku sebaliknya. Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode korelasional. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, angket dan studi komentasi dan studi pustaka. Sampel penelitian sebanyak 33 orang siswa. analisis data kualitatif dengan pendekatan logika dan data kualitatif dengan pendekatan statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Realitas aktivitas siswa mengikuti kegiatan pendidikan karakter islami termasuk pada kategori tinggi berdasarkan skor akhir 4,02 (2) Realitas akhlak siswa termasuk pada kategori sangat baik berdasarkan skor akhir 4,43 (3) Hubungan antara aktivitas siswa mengikuti kegiatan pendidikan karakter islami di sekolah dengan akhlak mereka adalah (a) koefisien korelasinya termasuk pada kategori tinggi berdasarkan skor akhir 0,83 (b) hipotesis diterima berdasarkan skor rhitung (0,83) > rtabel (0,334) (c) derajat pengaruhnya sebesar 68,89%. Hal ini berarti masih ada faktor lain sebesar 31,11% yang dapat mempengaruhi akhlak siswa kelas VIII SMPN 56 Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Neng Komala |
Date Deposited: | 11 Dec 2020 03:00 |
Last Modified: | 11 Dec 2020 03:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35648 |
Actions (login required)
View Item |