Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Assets Ratio (DAR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah (ISSI): Studi di PT Indo Tambangraya Megah Tbk. Periode 2009-2018

Fajarrahmah, Vira Sahara (2020) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Assets Ratio (DAR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah (ISSI): Studi di PT Indo Tambangraya Megah Tbk. Periode 2009-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy

Abstract

Kinerja keuangan adalah gambaran setiap hasil ekonomi yang mampu diraih oleh perusahaan pada periode tertentu melalui aktivitas-aktivitas perusahaan untuk menghasilkan keuntungan yang optimal dalam kegitan usahanya. Kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan ini dapat disebut dengan Net Profit Margin (NPM). Salah satu faktor yang mempengaruhi naik turunnya Net Profit Margin (NPM) yakni Current Ratio (CR), dimana rasio ini mengkur kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya, dan Debt to Assets Ratio (DAR) merupakan rasio yang mengukur kemampuan perusahaan dalam menjamin utang-utangnya dengan sejumlah aktiva yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM) di PT Indo Tambangraya Megah Tbk; pengaruh Debt to Assets Ratio (DAR) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM) di PT Indo Tambangraya Megah Tbk; untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) Debt to Assets Ratio (DAR) secara simultan tehadap Net Peofit Margin (NPM) di PT Indo Tambangraya Megah Tbk, periode 2009-2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data yang diambil dari laporan keuangan PT. Indo Tambangraya Megah Tbk periode 2009-2018. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi Pearson Product Moment (PPM), analisis koefesien determinasi, dan analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah merujuk kepada beberapa pendapat para ahli keuangan dan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa naik turunnya Current Ratio (CR) dan Debt to Assets Ratio (DAR) memiliki pengaruh terhadap Net Profit Margin (NPM). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Current Ratio (CR) tidak berpengaruh secara siginifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) yakni sebesar 27%. Sedangkan secara parsial Debt to Assets Ratio (DAR) juga tidak berpengaruh secara signifikan sebesar 22,6%. Secara simultan pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Assets Ratio (DAR) berpengaruh secara siginifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) yakni sebesar 72,5% sementara sisanya yakni sebesar 27,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada di penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Debt to Assets Ratio (DAR); Net Profit Margin (NPM)
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Vira Sahara Fajarrahmah
Date Deposited: 15 Dec 2020 08:54
Last Modified: 15 Dec 2020 08:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35684

Actions (login required)

View Item View Item