Pengaruh financing to deposit ratio (FDR) dan net interest margin (NIM) terhadap cash ratio (CR) PT. Bank Syariah Mandiri Periode 2010-2014

Hamka, Haswida (2016) Pengaruh financing to deposit ratio (FDR) dan net interest margin (NIM) terhadap cash ratio (CR) PT. Bank Syariah Mandiri Periode 2010-2014. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pemikiran pokok bahwa Financing to Deposit Ratio dan Net Interest Margin yang berpengaruh terhadap Cash Ratio pada PT. Bank Syariah Mandiri. Penelitian ini juga diperkuat dengan melihat laporan keuangan Bank Syariah Mandiri yang selalu fluktuatif diantara Financing to Deposit Ratio dan Net Interest Margin yang diikuti berubahnya nilai Cash Ratio, selain itu Bank Syariah Mandiri merupakann Bank Syariah yang mempunyai aset paling besar di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini ingin mengetahui seberapa besar pengaruh Financing to Deposit Ratio dan Net Interest Margin terhadap Cash Ratio pada Bank Syariah Mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Financing to Deposit Ratio secara parsial terhadap Cash Ratio, pengaruh Net Interest Margin secara parsial terhadap Cash Ratio, dan pengaruh Financing to Deposit Ratio dan Net Interest Margin secara simultan terhadap Cash Ratio. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Triwulanan Bank syariah Mandiri periode 2010-2014. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi, korelasi, dan koefisien determinasi, uji t-statistik, uji f-statistik dilengkapi uji asumsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Financing to Deposit Ratio secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Cash Ratio sebesar -0,621 dengan melihat tabel interval koefisien tingkat hubungannya kuat dan minus (-) menunjukan bahwa hubungannya berbanding terbalik. Sedangkan Net Interest Margin secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Cash Ratio -0,533 sebesar dengan melihat tabel interval koefisien tingkat hubungannya sedang dan minus (-) menunjukan bahwa hubungannya berbanding terbalik. Secara simultan Financint to Deposit Ratio dan Net Interest Margin berpengaruh signifikan terhadap Cash Ratio sebesar 0,653 dengan melihat tabel interval koefisien tingkat hubungannya kuat dan positif (+) menunjukan bahwa hubungannya searah. Jika mengacu kepada tingkat koefisien determinasi atau besarnya kontribusi dan ditentukan dengan nilai tingkat signifikannya sebesar 5%. Maka hasilnya menunjukkan bahwa Financing to Deposit Ratio dan Net Interest Margin berpengaruh signifikan terhadap Cash Ratio dengan tingkat signifikannya sebesar 42,7% dan sisanya sebesar 57,3% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu rasio likuiditas, rasio leverage, rasio aktivitas, rasio profitabilitas, rasio pertumbuhan dan rasio penilaian yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian tidak di temukan variabel yang menyimpang dari SPSS, hal ini menunjukkan bahwa dalam data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah Mandiri; Financing to Deposit Ratio; Net Interest Margin; Cash Ratio;
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 16 Dec 2020 05:20
Last Modified: 16 Dec 2020 05:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35735

Actions (login required)

View Item View Item