Pengaruh program bimbingan personal Advancement and Career Enhancement terhadap kepercayaan diri remaja perempuan: Penelitian di SMP Negeri 2 Banjaran Kabupaten Bandung

Rachmawati, Hasni Itsnaeni (2020) Pengaruh program bimbingan personal Advancement and Career Enhancement terhadap kepercayaan diri remaja perempuan: Penelitian di SMP Negeri 2 Banjaran Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (764kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy

Abstract

Sekolah merupakan lembaga formal yang dibentuk untuk menyelenggarakan pendidikan. Didalamnya terdapat sejumlah program yang bisa membantu siswa-siswi nya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang muncul dengan memberikan arahan dan bimbingan serta solusi yang terbaik dari semua persoalan tersebut. Bimbingan pribadi dan bimbingan karir merupakan bidang bimbingan yang dilaksanakan di sekolah. Di kabupaten Bandung, Yayasan Care Peduli (YCP) bekerjasama dengan dinas pendidikan setempat untuk melaksanakan bimbingan pribadi dan bimbingan karir dalam bentuk program bimbingan Personal Advancement and Career Enhancement (PACE) di tingkat sekolah menengah pertama khusus untuk remaja perempuan. Program tersebut membantu remaja perempuan agar bisa menguatkan kapasitas diri dan memiliki perencanaan karir dan cita-cita di masa depannya. Pemilihan teori dalam penelitian ini tentunya harus memiliki relevansi dengan apa yang dibahas dengan apa yang dibahas dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori bimbingan pribadi, bimbingan karir, percaya diri dan remaja. Teori ini merupakan dari Hurlock (1980: 209). Asumsi dasarnya adalah masalah yang dialami remaja dalam memenuhi tugas-tugas perkembangannya yaitu masalah pribadi salah satunya berupa percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kepercayaan diri remaja perempuan di SMP Negeri 2 Banjaran. Untuk mengetahui persepsi remaja perempuan mengenai pelaksanaan program bimbingan Personal Advancement and Career Enhancement di SMP Negeri 2 Banjaran. Untuk mengetahui besar pengaruh program bimbingan Personal Advancement and Career Enhancement terhadap kepercayaan diri remaja perempuan di SMP Negeri 2 Banjaran. Penelitian ini menggunakan metode survey, dengan pengumpulan data berupa angket tertutup yang diisi oleh 94 remaja perempuan dari kelas VII A sampai dengan kelas VII K yang mengikuti program bimbingan Personal Advancement and Career Enhancement. Analisis data lebih difokuskan pada analisis data secara kuantitatif dengan teknik analisis menggunakan softwaare IBM SPSS Statistics 25. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kondisi kepercayaan diri remaja perempuan sebelum diberikan bimbingan Personal Advancement and Career Enhancement rendah, persepsi remaja terhadap program bimbingan Personal Advancement and Career Enhancement berbeda-beda namun nyatanya setelah dilaksanakan program bimbingan Personal Advancement and Career Enhancement maka program ini membawa pengaruh terhadap kepercayaan diri remaja perempuan di SMP Negeri 2 Banjaran sebesar 48,7%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Program Bimbingan Personal Advancement and Career Enhancement; Kepercayaan Diri; Remaja Perempuan
Subjects: Psychology > Experinmental Research
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Hasni Itsnaeni Rachmawati
Date Deposited: 18 Dec 2020 06:31
Last Modified: 21 Dec 2020 02:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35767

Actions (login required)

View Item View Item