Tinjauan hukum ekonomi syari’ah tentang jual beli ikan cupang hias dengan sistem lubukan di Desa Purwasari Kecamatan Purwasari Kebupaten Karawang

Subiyantoro, Bambang (2020) Tinjauan hukum ekonomi syari’ah tentang jual beli ikan cupang hias dengan sistem lubukan di Desa Purwasari Kecamatan Purwasari Kebupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (826kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy

Abstract

Jual beli Ikan Cupang Hias dengan sistem lubukan adalah jual beli yang dimana praktiknya pembeli membeli secara langsung ikan cupang yang berada dalam kolam yang berisi 500-1000 ekor ikan dengan jenis yang sama dari hasil indukan yang sama, tanpa terlebih dahulu menghitung atau menimbang ikan yang diperjualbelikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) Mengetahui praktik jual beli ikan cupang hias dengan sistem lubukan,(2) mengetahui manfaat dan mudharat dari transaksi jual beli Ikan Cupang Hias dengan sistem lubukan, dan (3) mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah tentang jual beli Ikan Cupang Hias dengan sistem lubukan di Desa Purwasari Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan teori tentang jual beli menurut hukum ekonomi syariah, dan teori tentang gharar secara umum serta gharar yang termasuk dalam jual beli yang dikorelasikan dengan kasus jual beli lubukan menurut pelaku jual beli. Penulis menggunakan sumber hukum berupa ayat Al-An’am ayat 152, hadits Nabi riwayat Sunan Ibnu Majah, Maktabah Al Marif 2195. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian secara deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi dimana penulis mewawancari pihak penjual dan pembeli Ikan Cupang Hias. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitis. Hasil penelitian ini adalah (1) Mekasnisme jual beli Ikan Cupang Hias dengan sistem lubukan di Desa Purwasari Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang yaitu pembeli memilih kolam yang berisi jenis ikan cupang tertentu tanpa mengetahui secara jelas satu persatu ikan yang akan dibelinya, kemudian pembeli dan penjual melakukan kesepakatan harga, jika telah terjadi kesepakatan maka penjual akan mulai membungkus yang telah dibeli kedalam satu wadah plastik besar. (2) Manfaat dari jual beli Ikan Cupang Hias dengan sistem lubukan ini adalah Penjual lebih hemat waktu dan tempat sedangkan pembeli mendapatkan harga ikan cupang yang lebih murah. Sedangkan mudharat-nya adalah kolam lubukan yang dibeli tidak dapat diketahui kualitas dan kuantitas Ikan Cupang Hias secara langsung, objek yang ditawarkan oleh penjual bisa saja tidak sesuai dengan keinginan pembeli, dalam transaksi ini tidak adanya ssuatu kesepakatan pengembalian ikan. (3) Menurut Hukum Ekonomi Syariah jual beli Ikan Cupang Hias dengam sistem lubukan diperbolehkan karena dilihat dari segi manfaat dan madharat nya jual beli Ikan Cupang Hias dengan sistem lubukan ini lebih banyak manfaat nya baik bagi pihak penjual maupupun pihak pembeli.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: hukum ekonomi syariah; jual beli ; gharar
Subjects: Econmics
Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Bambang Subiyantoro
Date Deposited: 23 Dec 2020 04:58
Last Modified: 23 Dec 2020 04:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35875

Actions (login required)

View Item View Item