Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik pemberian hadiah pada turnamen bulutangkis Perbama Championship tingkat jawa barat tahun 2020

Ruhiyat, Sani Muhamad Ramdani (2020) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik pemberian hadiah pada turnamen bulutangkis Perbama Championship tingkat jawa barat tahun 2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya praktik pemberian hadiah yang bersumber dari dana kontribusi peserta dan pihak ketiga. Selain hadiah, peserta juga mendapatkan poin dari PBSI sehingga membuat bias motivasi para peserta mengikuti turnamen ini yang mempengaruhi pada illat hukum praktik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik pemberian hadiah pada turnamen bulutangkis perbama championship tingkat jawa barat tahun 2020 serta meninjau praktik dan regulasinya dalam persfektif hukum ekonomi syariah. Kerangka berfikir dalam penelitian ini adalah secara normatif hadiah yang diberikan dalam suatu turnamen sebaiknya berasal dari pihak ketiga di luar kompetitior untuk menghindari pada praktik zero sum game atau maisir. Akan tetapi motivasi peserta untuk mengikuti turnamen ini selain hadiah adalah untuk mendapatkan poin ranking dari PBSI , sehingga apabila tidak mendapatkan hadiah tidak merasa rugi dan terdzolimi. Hal itu menunjukan bahwa unsur-unsur maisir tidak terpenuhi. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitain ini adalah deskriptif analisis dengan jenis data kualitatif. Metode tersebut digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana praktik pemberian hadiah pada turnamen bulutangkis perbama championship tingkat jawa barat tahun 2020 serta menganalisis dari tinjauan norma hukum ekonomi syaraiah. Hasil penelitian ini adalah 1) pada praktiknya pemberian hadiah pada turnamen ini berasal dari dua sumber. Pertama hadiah barang yang bersumber dari pihak ketiga. Kedua hadiah uang yang bersumber dari dana kontribusi peserta. 2) praktik pemberian hadiah ini belum sesuai norma hukum ekonomi syariah karena hadiah uang berasal dari dana kontribusi peserta yang terindikasi pada praktik zero sum game meskipun motivasi peserta mengikuti turnamen ini berbeda-beda, sebagian memeprioritaskan poin dan sebagian hadiah, selama ada unsur taruhannya maka itu tidak diperkenankan.3) Regulasi yang dikeluarkan oleh PBSI terkait hadiah tidak dijelaskan secara jelas sehingga bisa dipahami multitafsir dalam pelaksanaanya namun di lain sisi memberikan keringanan kepada panitia penyelenggara sebagaimana kaidah At-Takhfif wa At-Taysir la At-Tasydidi wa At-Ta’sir yang berarti memperingan dan mempermudah bukan memperberat dan mempersulit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Turnamen;Hadiah;Zero Sum Game;Perbama
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: sani muhamad ramdani
Date Deposited: 28 Dec 2020 07:12
Last Modified: 28 Dec 2020 07:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35910

Actions (login required)

View Item View Item