Pengembangan bahan ajar e-book berbasis EPub (Electronic Publication) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi gelombang bunyi

Hisanah, Rentin Hilmi (2020) Pengembangan bahan ajar e-book berbasis EPub (Electronic Publication) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi gelombang bunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, peningkatan keterampilan berpikir kreatif, serta respon peserta didik terhadap bahan ajar e-book berbasis epub (Electronic Publication) pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan metode penelitian R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah menggunakan pendekatan 4D (Define, Design, Development, dan Dissemination). Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan guru mata pelajaran Fisika MAN 4 Garut. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi media, tes uraian keterampilan berpikir kreatif, serta angket respon peserta didik. Teknik analisis yang digunakan adalah perhitungan persentase lembar validasi media, N-gain, uji t paired sample test, dan persentase angket respon peserta didik. Hasil analisis kelayakan produk oleh ahli media, materi dan guru mata pelajaran mendapatkan nilai 89% dengan interpretasi sangat baik/sangat layak. Hasil analisis penggunaan bahan ajar e-book berbasis EPUB pada materi gelombang bunyi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan rata-rata N-gain sebesar 0,71 dengan interpretasi tinggi dan hail uji t_(hitung )(4,2597) > t_(tabel )(2,086). Hasil analisis respon peserta didik terhadap bahan ajar e-book berbasis EPUB pada materi gelombang bunyi mendapatkan nilai rata-rata 85% dengan interpretasi sangat baikatau menarik sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Epub; Bahan ajar e-book; keterampilan berpikir kreatif; gelombang bunyi.
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rentin Hilmi Hisanah
Date Deposited: 11 Jan 2021 05:34
Last Modified: 11 Jan 2021 07:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35948

Actions (login required)

View Item View Item