Hubungan prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dengan sikap keberagamaan mereka: Penelitian pada siswa kelas VII SMPN 56 Bandung Kecamatan Panyileukan Kota Bandung

Muttaqin, Via Putrimawati (2020) Hubungan prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dengan sikap keberagamaan mereka: Penelitian pada siswa kelas VII SMPN 56 Bandung Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Tidak dapat dipungkiri, seseorang yang memiliki pengetahuan keagamaan yang tinggi berbanding searah dengan tingginya sikap keberagamaan mereka, pun demikian sebaliknya. Artinya, sejauh mana meraka dapat menerima pencapaian pengetahuan keagamaan yang mereka miliki untuk diaplikasikan. SMPN 56 Bandung terbilang memiliki pencapaian dan eksistensi yang baik secara kuantitas maupun kualitas. Diantanya mengenai prestasi kognitif siswanya diasumsikan cukup baik. Hal ini tertarik untuk peneliti ketahui, adakah hubungan antara prestasi kognitif siswa dengan sikap keberagamaan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMPN 56 Bandung; 2) mengetahui sikap keberagamaan siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMPN 56 Bandung; dan 3) mengetahui hubungan prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dengan sikap keberagamaan mereka di kelas VII SMPN 56 Bandung. Prestasi kognitif adalah keberhasilan dalam bentuk capaian proses belajar sehingga terjadi perubahan tingkah laku pada aspek pengetahuan atau ingatan, pemahaman, penerapan, analisis, dan sintesis sehingga dapat difungsikan pada kehidupan sehari-hari sebagai perwujudan dari proses belajar mengajar. Sedangkan sikap keberagamaan adalah suatu kesalehan dan penghidmatan dari berbagai aspeknya dimulai dari keyakinan, praktik agama, pengalaman, pengetahuan agama dan pengamalan atas agama yang dianutnya. Maka hipotesis dalam penelitian ini adalah semakin tinggi prestasi kognitif siswa maka semakin tinggi pula sikap keberagamaan mereka, begitupun sebaliknya. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode deskriptif korelatif. Analisis data yang digunakan melalui perhitungan statistika. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, observasi, studi dokumentasi, studi pustaka, dan wawancara. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII. Dimana pengambilan sampel digunakan 10%-15% dari populasi yang ad, yaitu dari 257 populasi maka digunakan 30 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) prestasi kognitif siswa berdasarkan perhitungan diperoleh harga (81,99) teridentifikasi pada kategori baik sekali; 2) Sikap keberagamaan siswa berdasarkan perhitungan diperoleh harga (3,58) teridentifikasi pada kategori tinggi; dan 3) hubungan prestasi kognitif siswa dengan sikap keberagamaan mereka melalui pengujian korelasi rank spearman diperoleh harga korelasi (0,188) diasumsikan pada kategori hubungan sangat rendah, kemudian dibandingan dengan harga tabel (0,306) maka Ho diterima dan Ha ditolak. Selanjutnya ditentukan harga t dengan a: 5%. diperoleh harga t hitung (1.01) dan t tabel (1,697). Maka penelitian ini dinyatakan tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dengan sikap keberagamaan mereka. Kemudian perhitungan derajat pengaruh variabel X (prestasi kognitif) terhadap variabel Y (sikap keberagamaan) diperoleh harga 3,5%, maka terdapat 96,5% faktor lain yang mempengaruhi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Prestasi Kognitif; Sikap; Keberagamaan
Subjects: Education
Education > Ethical Education
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Via P Muttaqin
Date Deposited: 28 Dec 2020 04:36
Last Modified: 28 Dec 2020 04:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35956

Actions (login required)

View Item View Item