Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis pemanfaatan sensor percepatan pada smartphone untuk menganalisis penguasaan konsep peserta didik pada materi gerak harmonik sederhana

Hakiki, Muhamad Arfan (2020) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis pemanfaatan sensor percepatan pada smartphone untuk menganalisis penguasaan konsep peserta didik pada materi gerak harmonik sederhana. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya masalah di sekolah yakni pembelajaran yang dilakukan tidak menggunakan media mengakibatkan rendahnya penguasaan konsep peserta didik. Rendahnya penguasaan konsep berdasarkan nilai PTS dan PAS peserta didik. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan LKPD berbasis pemanfaatan sensor percepatan pada smartphone untuk menggambarkan penguasaan konsep peserta didik, menyusun perkembangan artikel penggunaan sensor percepatan pada praktikum fisika, menghasilkan desain LKPD dengan memanfaatkan sensor percepatan, mengetahui konsep gerak harmonik sederhana yang dihasilkan melalui LKPD, dan mengetahui hasil validasi LKPD yang dilakukan oleh validator ahli. Metode penelitian menggunakan metode Reseach and Development yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang terdiri dari menganalisis potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, membuat desain produk, validasi desain porduk, revisi desain produk, uji coba produk, dan revisi produk. Penelitian dilakukan di mahasiswa pendidikan fisika yang berjumlah 12 orang. Dari penelitian tersebut hasil validasi dari validator memperoleh rata-rata persentase 82% dengan kriteria sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran fisika. Nilai rata-rata efektivitas secara keseluruhan dalam penggunaan LKPD berbasis pemanfaatan sensor percepatan pada smartphone lebih efektif dengan persentase 86% dibandingkan LKPD tanpa pemanfaatan sensor percepatan pada smartphone dengan persentase 60%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LKPD;sensor percepatan pada smartphone;efektivitas LKPD
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhamad Arfan Hakiki
Date Deposited: 29 Dec 2020 01:14
Last Modified: 29 Dec 2020 01:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35976

Actions (login required)

View Item View Item