Objektivitas pemberitaan Pilpres 2019 pada media online Pikiran Rakyat dalam perspektif Persatuan Wartawan Indonesia: Penelitian kualitatif mengenai penerapan objektivitas berita Pemilihan Umum Presiden 2019 pada Pikiran Rakyat edisi 1 April-28 April 2019

Faizah, Cintia Nur (2019) Objektivitas pemberitaan Pilpres 2019 pada media online Pikiran Rakyat dalam perspektif Persatuan Wartawan Indonesia: Penelitian kualitatif mengenai penerapan objektivitas berita Pemilihan Umum Presiden 2019 pada Pikiran Rakyat edisi 1 April-28 April 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Dalam Pilpres 2019 banyak berita terkait yang disalurkan melalui berbagai media (tulis, online, elektronik). Berita juga terkait dengan berbagai kepentingan. Media massa dituntut untuk objektif dalam menyampaikan beritanya. Media online Pikiran Rakyat adalah salah satu media yang menyampaikan berita Pilpres 2019. Dalam penelitian ini, peneliti meneliti tentang Objektivitas Pemberitaan Pilpres 2019 pada media online Pikiran Rakyat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip kebenaran, prinsip informatif, prinsip relevansi, prinsip keseimbangan, dan prinsip netralitas yang menentukan objektivitas berita. Dimana prinsip tersebut yang harus dimiliki oleh suatu berita, agar berita tersebut tidak menimbulkan keberpihakan. Penelitian ini menggunakan model Westertahl untuk mengetahui prinsip Objektivitas pada media online Pikiran Rakyat dalam pemberitaan Pilpres 2019 edisi 1 April-28 April 2019. Teori Objektivitas yang dikemukakan Westertahl dalam buku Denis McQuail bertujuan untuk mengetahui bagaimana prinsip faktualitas dan imparsialitas (tidak berpihak). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk mendeskripsikan secara sistematis objektivitas dari media mengenai suatu kegiatan yang memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat dengan mengacu pada teori objektivitas untuk mengukur kefaktualan dan ketidakberpihakan. Adapun hasil dari penelitian yang dilakukan dari pemberitaan Pilpres 2019 pada media online Pikiran Rakyat menghasilkan bahwa media online Pikiran Rakyat cukup memperhatikan aspek faktualitas pemberitaan. Untuk prinsip imparsialitas melalui aspek keseimbangan dua dari kelima berita media online Pikiran Rakyat tentang Pilpres 2019 terdapat kriteria yang tidak sesuai dengan kriteria pengukuran. Sesuai dengan skema landasan teoritis yang terdapat pada bab 1, suatu berita mengandung objektivitas bila memenuhi seluruh kriteria yang ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Objektivitas; berita; media online;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Cintia Nur Faizah
Date Deposited: 29 Dec 2020 03:53
Last Modified: 03 Feb 2022 06:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35980

Actions (login required)

View Item View Item