Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap perjanjian jual beli kelapa sawit antara petani kelapa sawit dengan tauke kelapa sawit di Nagari Desa Baru Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat

Tsaani, Fadillah (2020) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap perjanjian jual beli kelapa sawit antara petani kelapa sawit dengan tauke kelapa sawit di Nagari Desa Baru Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (2).pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy

Abstract

Perjanjian jual beli kelapa sawit antara petani kelapa sawit dengan tauke kelapa sawit di Nagari Desa Baru Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat merupakan praktik yang sudah dilakukan sejak lama, tidak ada tawar menawar dalam jual beli dikarenakan harga sudah ditetapkan oleh tauke secara sepihak. Pada pelaksanaannya perjanjian jual beli ini memiliki syarat yang dikaitkan dengan akad sebelumnya yaitu utang piutang dimana petani yang memiliki utang harus menjual setiap hasil panennya kepada tauke dan diberikan harga yang lebih murah dari petani bebas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Bagaimana pelaksanaan perjanjian jual beli kelapa sawit antara petani dengan tauke di Nagari Desa Baru. 2) Latar belakang terjadinya perjanjian jual beli kelapa sawit yang dikaitkan dengan utang piutang antara petani dengan tauke. 3) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap perjanjian jual beli yang dikaitkan dengan utang piutang di Nagari Desa Baru. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa prinsipnya segala macam bentuk muamalah khususnya jual beli adalah sah sampai adanya dalil yang mengharamkan atau membatalkanya, begitu juga penetapan syarat dalam akad dalam muamalah juga dibolehkan sampai ada dalil yang melarangnya. Pada dasarnya jual beli adalah keridaan kedua belah pihak, hukum Islam juga memperhatikan aspek kemaslahatan serta menghilangkan aspek kemadharatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu memaparkan seputar pelaksanaan perjanjian jual beli kelapa sawit antara petani dengan tauke kelapa sawit di Nagari Dasa Baru. Sumber data primernya adalah petani sebagai penjual sekaligus muqtaridh dan tauke sebagai pembeli sekaligus muqridh. Sumber data sekunder adalah literatur-literatur kepustakaan seperti buku-buku, jurnal, artikel, internet serta sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Tehnik pengumpulan datanya adalah wawancara, dan studi kepustakanaan. Data dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan perjanjian jual beli kelapa sawit antara petani dengan tauke kelapa sawit dikaitkan dengan utang piutang sehingga harga beli tauke terhadap kelapa sawit petani lebih murah, 2) Latar belakang perjanjian jual beli kelapa sawit ini karena lokasi pabrik yang jauh, kebutuhan yang mendesak, pendidikan dan kebiasaan masyarakat serta kurangnya pemahaman dan pengetahuan akan jual beli dan utang piutang yang sesuai dengan Hukum Ekonomi Syariah, 3) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap perjanjian jual beli yang dikaitkan dengan utang piutang terdapat syarat yang dilarang karena menggabungkan akad jual beli dengan akad utang piutang, syarat ini juga hanya menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lainnya serta terdapat riba didalamnya sehingga tidak sesuai dengan tujuan transaksi. Dengan demikian pejanjian jual beli antara petani kelapa sawit dengan tauke kelapa sawit hukum akadnya adalah fasid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: jual beli; utang piutang; riba
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Perjanjian dalam Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Fadillah Tsaani
Date Deposited: 05 Jan 2021 08:16
Last Modified: 05 Jan 2021 08:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36017

Actions (login required)

View Item View Item