Rohana, Siti (2020) Manajemen pengawasan kinerja guru : Studi di MA Al-Masthuriyah dan MA Sunanulhuda Sukabumi. Masters thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
01_cover.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02_abstrak.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
03_daftarisi.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
04_bab1.pdf Download (719kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
05_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
06_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
07_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
08_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatorbelakangi oleh pengawasan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Al-Masthuriyah dan Madrasah Aliyah Sunanulhuda Sukabumi yang belum optimal, seperti : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis penetapan standar kinerja guru, mempengaruhi kinerja guru, monitoring dan evaluasi kemajuan pelaksanaan program pengawasan kinerja guru, dan cara melakukan tindakan koreksi bilamana kinerja dibawah standar yang ditetapkan di Madrasah Aliyah Al-Masthuriyah dan Madrasah Aliyah Sunanulhuda Sukabumi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menurut C. Turney yang mengatakan bahwa bahwa “langkah – langkah strategis dalam pengawasan kinerja guru dilakukan dengan menetapkan standar kinerja, mempengaruhi kinerja guru, monitoring dan mengevaluasi kemajuan pelaksanaan program, dan melakukan tindakan koreksi bilamana kinerja dibawah standar yang ditetapkan”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari : Kepala Madrasah, waka kurikulum, guru, dan pengawas madrasah. Teknik analisis data melalui Reduksi data, Penyajian data, dan kesimpulan (Verivikasi) data. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa (1) Menetapkan standar kinerja guru di kedua lembaga ini dilihat dari segi kemampuan guru dalam menyusun program tahunan, program semester, silabus dan rencana perangkat pembelajaran (RPP) sebagai bukti fisik bahwa guru-gurunya layak mengajar dan memenuhi standar kualifikasi pendidikan Strata satu (S1) disertai sertifikat pendidik. (2) Mempengaruhi kinerja guru di dikedua lembaga ini dibantu oleh wakil kepala sekolah dengan penuh loyalitas, dan guru diberikan kewenangan penuh untuk menjalankan tugas serta proaktif dalam kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP). (3) Monitoring dan mengevaluasi kemajuan pelaksanaan program pengawasan kinerja guru dikedua lembaga ini dilakukan melalui kedisiplinan guru dalam kegiatan Apel pagi yang berlangsung sebelum pembelajaran dimulai, dan menggunakan absen Finger Print supaya guru hadir tepat waktu. (4) Melakukan tindakan koreksi bilamana kinerja dibawah standar yang ditetapkan dikedua lembaga ini dilakukan melalui pemanggilan kepada guru yang bersangkutan, memberikan apresiasi melalui pujian yang dapat meningkatkan rasa percaya diri guru dan penghargaan sebagai dorongan agar guru tetap memberikan yang terbaik buat sekolah, dan Evaluasi merupakan komunikasi timbal balik dan follow up.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen;Pengawasan;Kinerja Guru |
Subjects: | General Management > Personnel Management General Management > Planning and Strategic Management General Management > Control and Quality Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Rohana |
Date Deposited: | 30 Dec 2020 07:48 |
Last Modified: | 30 Dec 2020 07:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36029 |
Actions (login required)
View Item |