Manajemen pembiayaan pendidikan: Studi deskriptif pembiayaan pendidikan di MTs Dayaguna Cikalong Kabupaten Tasikmalaya

Puadi, Arip Rahman (2020) Manajemen pembiayaan pendidikan: Studi deskriptif pembiayaan pendidikan di MTs Dayaguna Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy

Abstract

Dalam penyelenggaraan pendidikan, keuangan dan pembiayaan merupakan potensi yang sangat menentukan dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kajian manajemen pendidikan. Komponen keuangan dan pembiayaan pada suatu madrasah merupakan komponen produksi konsumtif yang menentukan terlaksananya kegiatan-kegiatan proses belajar mengajar di sekolah bersama komponen-komponen lain. Tujuan dari penelitian tesis ini adalah untuk: 1) menganalisis perencanaan manajemen pembiayaan pendidikan di MTs Dayaguna Cikalong Kabupaten Tasikmalaya, 2) menganalisis pelaksanaan manajemen pembiayaan pendidikan di MTs Dayaguna Cikalong Kabupaten Tasikmalaya, 3) menganalisis pengawasan manajemen pembiayaan pendidikan di MTs Dayaguna Cikalong Kabupaten Tasikmalaya, 4) menganalisis evaluasi pembiayaan pendidikan di MTs Dayaguna Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) yang memfokuskan pada kasus yang terjadi di lapangan yaitu MTs Dayaguna Cikalong Tasikmalaya. Pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan telaah pustaka, diolah dengan cara editing, dan organizing selanjutnya dianalisis dengan cara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, Perencanaan pembiayaan pendidikan melalui rencana kegiatan dan anggaran madrasah MTsS Dayaguna Cikalong sudah dianggarkan dengan jelas dan rinci serta sudah memenuhi unsur unsur dalam indikator perencanaan (planning). Kedua, Pelaksanaan manajemen pembiayaan pendidikan di MTsS Dayaguna Cikalong sudah berjalan dengan baik dan lancar. Penerimaan uang di MTs Dayaguna Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Penerimaan dana berasal dari Dana Bos Pemerintah, Pengeluaran madrasah berhubungan dengan pembayaran keuangan madrasah untuk pembelian sumber atau input dari proses madrasah seperti tenaga administrasi, guru, bahan-bahan perlengkapan dan fasilitas. Pelaksanaan manajemen pembiayaan pendidikan di MTsS Dayaguna sudah memenuhi prinsip (actuating). Ketiga, Pengawasan manajemen pembiayaan pendidikan di MTs Dayaguna Cikalong Kabupaten Tasikmalaya dilakukan lansung oleh Komite Madrasah dan Ketua Yayasan Dayaguna Cikalong yang dilakukan setiap Tahun Anggaran. Pengawasan anggaran sudah berjalan dengan baik dan memenuhi unsur Pengawasan (controlling). Keempat, Evaluasi Pembiayaan pendidikan di MTsS Cikalong Sudah berjalan dengan baik karena sudah memenuhi unsur unsur tujuan yang telah ditetapkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan (pemerintah, masyarakat, wali murid) dan memenuhi prinsip evaluasi (evaluating).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pembiayaan; Pendidikan
Subjects: Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Arip Rahman Puadi
Date Deposited: 30 Dec 2020 07:39
Last Modified: 27 Jan 2022 04:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36035

Actions (login required)

View Item View Item