Motivasi siswa pada penerapan metode Al-Qosimi pada program One Day One Ayat pengaruhnya terhadap hafalan Al-Qur'an: Penelitian pada siswa kelas VII SMP Negeri 01 Cileunyi

Mawaddah, Azzatul (2019) Motivasi siswa pada penerapan metode Al-Qosimi pada program One Day One Ayat pengaruhnya terhadap hafalan Al-Qur'an: Penelitian pada siswa kelas VII SMP Negeri 01 Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (723kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan dari studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa motivasi siswa pada penerapan metode al-Qosimi pada program one day one ayat cukup tinggi. Namun disisi lain, ditemukan masih banyak siswa yang kemampuan hafalannya masih rendah. Hal tersebut menemukan kesenjangan dan sekaligus melahirkan permasalahan yang harus diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Motivasi siswa pada penerapan metode al-Qosimi pada Program one day one ayat, 2) Hafalan al-Qur’an siswa, 3) Pengaruh motivasi siswa pada penerapan metode al-Qosimi pada program one day one ayat terhadap hafalan al-Qur’an siswa kelas VII SMP Negeri 01 Cileunyi. Penelitian ini didasarkan dari pemikiran bahwa kemampuan hafalan al-Qur’an siswa diperoleh banyak faktor. Salah satunya yaitu motivasi siswa pada penerapan metode al-Qosimi pada program one day one ayat. Berdasarkan penelitian ini maka hipotesis semakin tinggi motivasi siwa pada penerapan metode al-Qosimi pada program one day one ayat, maka hafalan al-Qur’an mereka akan semakin tinggi. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) Pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif, 2) Sumber penelitian adalah siswa SMPN 01 Cileunyi dengan populasi 500 diambil sampel 10% yaitu 50 orang, 3) Tempat dan waktu Penelitian di SMPN 01 Cileunyi dari tanggal 22 April s/d 22 November 2019, 4) Teknik pengumpulan data penelitian melalui angket, tes, wawancara, observasi, studi kepustakaan, dan 5) Teknik analisis data penelitian dengan analisis parsial dan korelasional. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan 1) Motivasi siswa pada penerapan metode al-Qosimi pada Program one day one ayat termasuk pada kualifikasi positif, terbukti dengan rata-rata 3,89. Angka tersebut berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) Hafalan al-Qur’an siswa pada kualifikasi tinggi, terbukti dengan rata-rata 77,98. Angka tersebut berada pada interval 70 – 79. 3) Motivasi siswa pada penerapan metode al-Qosimi pada program one day one ayat terhadap hafalan al-Qur’an siswa menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,142. Angka tersebut tergolong kategori sangat lemah, karena 0,142 berada pada skala 0,00-0,20 = Korelasi sangat lemah. Hasil perhitungan hipotesis dengan db=48 taraf signifikan 5% diperoleh hasil t_hitung< t_tabel atau 1,002 < 1,68. Hal ini membuktikan Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara Motivasi siswa pada penerapan metode al-Qosimi pada program one day one ayat terhadap hafalan al-Qur’an siswa. Derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 2 %. Hal ini menunjukkan bahwa masih sangat banyak faktor lain yang mempengaruhi hafalan al-Qur’an sebesar 98 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Metode Al-Qosimi; Hafalan Al-Qur'an;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: azzatul mawaddah
Date Deposited: 04 Jan 2021 01:21
Last Modified: 04 Jan 2021 01:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36062

Actions (login required)

View Item View Item