Hubungan antara aktivitas bermain peran dengan kecerdasan emosional anak : Penelitian di Kelompok B2 RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung

Susanti, Susanti (2020) Hubungan antara aktivitas bermain peran dengan kecerdasan emosional anak : Penelitian di Kelompok B2 RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi awal di kelompok B2 RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung, yaitu adanya fenomena menarik berupa timbulnya kesenjangan antara tingginya aktivitas bermain peran dengan rendahnya kecerdasan emosional pada sebagaian anak. Di satu sisi, ketika melaksanakan aktivitas bermain peran anak terlihat sangat antusias, gembira, semangat, serta enjoy. Tetapi, di sisi lain terdapat sebagian anak yang masih mengalami kesulitan dalam mengenali serta mengelola emosionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Aktivitas bermain peran anak di kelompok B2 RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung, 2) Kecerdasan emosional anak di kelompok B2 RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung, dan 3) Hubungan antara aktivitas bermain peran dengan kecerdasan emosional anak di kelompok B2 RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada asumsi yang menyatakan bahwa kecerdasan emosional anak dipengaruhi oleh macam-macam faktor, salah satunya adalah aktivitas bermain peran. Berdasarkan asumsi tersebut dapat dirumuskan suatu hipotesis, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas bermain peran dengan kecerdasan emosional anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasi. Subjek dalam pelaksanaan penelitian ini adalah anak kelompok B2 RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung yang berjumlah 20 anak. Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data pada variabel Aktivitas Bermain Peran (Variabel X) diperoleh nilai rata-rata sebesar 71. Nilai tersebut berada pada interval 70-79 dengan kategori baik. Sedangkan analisis data pada variabel Kecerdasan Emosional anak (Variabel Y) diperoleh nilai rata-rata sebesar 68. Nilai tersebut berada pada interval 60-69 dengan kategori cukup. Hubungan antara aktivitas bermain peran dengan kecerdasan emosional anak diperoleh angka koefisien korelasi melalui rumus Product Moment sebesar 0,68 angka koefisien korelasi ini berada pada kategori tinggi karena berada pada interval 0,600-0,799. Hasil uji signifikansi diperoleh harga t_hitung = 3,94 > t_tabel = 2,88. Artinya, Ha diterima dan Ho ditolak dengan kata lain terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas bermain peran dengan kecerdasan emosional anak di kelompok B2 RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung. Adapun koefisien determinasi atau kadar pengaruhnya sebesar 46%. Dengan demikian, 54% kecerdasan emosional anak di kelompok B2 RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung, dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bermain; kecerdasan emosional; anak
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Susanti Susanti
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:10
Last Modified: 07 Jan 2021 04:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36159

Actions (login required)

View Item View Item