Implementasi E-Government pada Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat: Studi kasus implementasi situs web resmi Kabupaten Bandung Barat

Ayu Afifah, Annisa (2020) Implementasi E-Government pada Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat: Studi kasus implementasi situs web resmi Kabupaten Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah sebagai suatu lembaga dalam pelaksanaan ketatanegaraan tentu memiliki fungsi dan tugas-tugas yang diantaranya memberikan pelayanan publik bagi masyarakat. Upaya pemerintah dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima salah satunya dengan menerapkan kebijakan Electronic Government. Salah satu pemerintah yang sudah menerapkan konsep E-Government adalah Pemerintah Kabupaten Bandung Barat yaitu dengan menciptakan situs web resmi Kabupaten Bandung Barat. Namun, pada proses pelaksanaannya penerapan situs web tersebut masih kurang optimal dan masih terdapat hambatan-hambatan sehingga masih perlu ditingkatkan. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan teori Van Meter dan Van Horn yang dikutip oleh Ryant Nugroho (2015:219) dalam buku Kebijakan Publik di Negara-Negara Berkembang yang menyatakan terdapat 6 dimensi dalam keberhasilan implementasi kebijakan diantaranya standar dan sasaran kebijakan, sumber daya, komunikasi antar organisasi dan penguatan aktivitas, karakteristik agen pelaksana, kondisi sosial, ekonomi dan politik, serta disposisi implementor.Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitiaan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi langsung, pasrtisipasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Pengumpulan Data (Data Collection), Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Penarikan Kesimpulan/Verifikasi (Conclusion Drawing/Verification). Berdasarkan hasil penelitian maka ditarik kesimpulan bahwa standar dan sasaran kebijakan belum tercapai sepenuhnya, masih kurangnya sumber daya manusia dan sumber daya finansial yang dikerahkan, komunikasi antar organisasi antar pegawai dan dinas sudah berjalan dengan baik namun antara pemerintah dan masyarakat masih belum optimal, penguatan aktivitas pelaksana sudah dilakukan dengan baik, karakteristik agen pelaksana terkait struktur birokrasi sudah berjalan dengan baik, pegawai-pegawai Diskominfotik sebagai pengelola situs web sudah kompeten namun jumlah pegawai masih kurang, serta dukungan dari pihak legilatif sudah baik, kondisi sosial, ekonomi dan politik sangat berpengaruh besar terhadap pelaksanaan kebijakan, tanggapan pegawai terhadap kebijakan sudah baik. Adapun hambatan yang terjadi yaitu sulitnya menjangkau akses ke masyarakat secara menyeluruh serta masih kurangnya sumber daya finansil untuk memenuni penerapan situs web resmi Kabupaten Bandung Barat. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan diantaranya melakukan sosialisasi lebih luas kepada masyarakat, menambah pegawai dan mengajukan anggaran yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; E-Government; Kabupaten Bandung Barat;
Subjects: Political dan Government Science > Organization and Management of Political Science
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Annisa Ayu Afifah
Date Deposited: 08 Jan 2021 04:04
Last Modified: 08 Jan 2021 04:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36179

Actions (login required)

View Item View Item