Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik jual beli saham syariah dalam Sharia Online Trading System (SOTS) di PT. Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Mubarok, Anas Bayan (2020) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik jual beli saham syariah dalam Sharia Online Trading System (SOTS) di PT. Mirae Asset Sekuritas Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pergerakkan harga salah satu saham syariah yang tidak wajar, fluktuasinya terlihat tinggi tanpa disertai dengan informasi ataupun berita positif yang dapat mempengaruhi harga dalam waktu yang singkat. Pergerakkan harga saham syariah ini terjadi dalam Home Online Trading System (HOTS) milik PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia yang sudah menerapkan Sharia Online Trading System (SOTS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) untuk mengetahui praktik jual beli saham syariah dalam sharia online trading system (SOTS) di PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia. 2) untuk mengetahui pelaksanaan jual beli saham syariah dalam sharia online trading system (SOTS) di PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia ditinjau dari hukum ekonomi syariah. Penelitian ini berasal dari pemikiran bahwa dalam transaksi jual beli saham syariah dalam sharia online trading system (SOTS) harus memenuhi prinsip-prinsip syariah dan tidak boleh melakukan transaksi-transaksi yang terlarang yang dapat merugikan terhadap pihak lain karena Islam telah melarang memakan harta orang lain dengan jalan yang bathil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu dengan memaparkan dan meninjau pelaksanaan transaksi jual beli saham syariah dalam sharia online trading system (SOTS) di PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia. Teknik pengumpulan datanya adalah melalui wawancara, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Analisisnya menggunakan analisis kualitatif yakni dengan membangun sebuah teori dari data dan fakta yang ada kemudian dikembangkan, dianalisis dan diambil kesimpulan akhirnya. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) pelaksanaan jual beli saham syariah dalam sharia online trading system(SOTS) di PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia pada umumnya sama seperti transaksi jual beli yang lain, mudah dan efisien. 2) transaksi jual beli saham yang dilakukan melalui sharia online trading system (SOTS) sah baik menurut fikih ataupun ketentuan Fatwa No. 80/DSN-MUI/III/2011. Serta Home Online Trading System (HOTS) milik PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia telah sesuai dengan Sharia Online Trading System (SOTS).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: jual beli; saham syariah; sharia online trading system; SOTS
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Bisnis Syariah dan Perbankan Syariah
Depositing User: Anas Bayan Mubarok
Date Deposited: 11 Jan 2021 00:59
Last Modified: 11 Jan 2021 00:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36183

Actions (login required)

View Item View Item