Perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja bagi pekerja di Kota Bandung berdasarkan pasal 86 dan 87 undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan ditinjau dari siyasah dusturiyah

Yusep, Yusep (2020) Perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja bagi pekerja di Kota Bandung berdasarkan pasal 86 dan 87 undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan ditinjau dari siyasah dusturiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB l)
4_bab1.pdf

Download (970kB) | Preview
[img] Text (BAB ll)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (BAB lll)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB lV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy

Abstract

Perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja merupakan salah satu hal yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh semua pihak terkait dengan proses ketenagakerjaan, termasuk pekerja yang ada di Kota Bandung. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan terhadap resiko yang diakibatkan dari hubungan kerja, dan sebagai bentuk perlindungan bagi setiap pekerja. Tujuan penelitian ini yaitu: Pertama, untuk mengetahui terkait implementasi perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja di Kota Bandung dalam perspektif Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Kedua, untuk mengetahui tentang hambatan yang ada dalam implementasi Perlindungan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Kota Bandung. Ketiga, untuk mengetahui tinjauan Siyasah Dusturiyah mengenai Perlindungan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Penelitian ini didasarkan pada teori dan pemikiran tentang prinsip-prinsip mengenai keselamatan dan kesehatan kerja serta kaitannya dengan siyasah dusturiyah, diantara prinsip-prinsip tersebut yaitu mengenai adanya kebijakan berupa aturan dan pengawasan terhadap ketenagakerjaan, terpenuhinya hak dan kewajiban pekerja, adanya kemaslahatan bersama, perlindungan terhadap jiwa dan kesejahteraan, serta memahami sebuah aturan berdasarkan kepada syari’at Islam yang digali dari Al-Qur’an dan Al-Hadist, sehingga dapat diimplementasikan dalam bentuk peraturan perundang-undangan yang memiliki tujuan untuk memberi kepastian hukum. Jenis penelitian dalam penyusunan skripsi ini adalah bersifat kualitatif dengan metode yang digunakan adalah Metode Penelitian deskriptif berupa data-data tertulis atau lisan dari orang-orang atau prilaku yang diamati sehingga mampu menggali informasi secara mendalam tentang pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan bahwa implementasi Perlindungan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Kota Bandung telah berjalan dengan baik, walaupun dalam implementasinya masih banyak kekurangan dan hambatan yang perlu diperbaiki. Hambatan yang muncul diantaranya adalah Pengawasan yang dilakukan oleh pihak Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung belum sepenuhnya maksimal, dan kenyataan dilapangan masih banyak perusahaan dan pekerja yang tidak menaati prosedur dan aturan tentang perlindungan yang mejamin keselamatan dan kesehatan pekerja. Dalam Siyasah Dusturiyah perlindungan ini merupakan jaminan keselamatan jiwa dan jaminan dalam menjaga harta karena berkenaan dengan diri dan kesejahteraan pekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan; Keselamatan dan Kesehatan Kerja; Siyasah Dusturiyah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Law
Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: yusep yusep
Date Deposited: 20 Jan 2021 03:32
Last Modified: 20 Jan 2021 03:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36195

Actions (login required)

View Item View Item