Hidayatuloh, Abdul Patah (2020) Model kerjasama pengelolaan pendidikan pesantren dan madrasah : Studi tata kelola di MAN 1 Tasikmalaya, MTsN 1 Tasikmalaya, MTs KH. A. Wahab Muhsin dan Pondok Pesantren Sukahideng. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (247kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pengelolaan pendidikan bukanlah tanggung jawab suatu kelompok sehingga perlu adanya keterlibatan pihak lain untuk memenuhi dan menutupi kekurangannya demi tercapainya tujuan dari pendidikan itu sendiri. MAN 1 Tasikmalaya, MTsN 1 Tasikmalaya, MTs KH. A Wahab Muhsin dan Pondok Pesantren Sukahideng merupakan diantara lembaga yang sudah mengadakan kerjasama dengan pihak lain, walaupun masih ada beberapa kendala dalam pelaksanaan kerjaasama tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendalami dan menganalisis model kerjasama formal, kerjasama informal, kerjasama formal-informal, dan kerjasama formal bilateral atau multilateral di MAN 1 Tasikmalaya, MTsN 1 Tasikmalaya, MTs KH. A. Wahab Muhsin, dan Pondok Pesantren Sukahideng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif analitik. Lokasi penelitian ini berada di MAN 1 Tasikmalaya, MTsN 1 Tasikmalaya, MTs KH. A. Wahab Muhsin, dan Pondok Pesantren Sukahideng. Adapun Pengumpulan datanya dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: 1) Model kerjasama yang telah diterapkan di madrasah dan pesantren tersebut adalah kerjasama formal, kerjasama informal, dan kerjasama formal-informal, tetapi belum melakukan kerjasama bilateral 2) Model kerjasama formal di madrasah dan pesantren sudah tertulis dalam MoU yang disepakati oleh kedua belah pihak sehingga mudah untuk diidentifikasi, kerjasama yang telah disepakati terdapat masa berlakunya, kerjasama antara madrasah dengan pesantren terbentuk secara alami atau mempertimbangkan historisnya, sedangkan dengan instansi pemerintahan terbentuk karena tuntutan dari instansi tersebut dan atau kebutuhan dari pihak madrasah. Dalam keputusan kerjasama formal, kepala madrasah dan pimpinan pesantren mempunyai peranan penting dalam penentuannya. 3) Kerjasama formal-informal terjalain anatar madrasah dan pesantren dengan masyarakat sekitar yang berkontribusi kepada lembaga 4) Madrasah dan pesantren belum melakukan kerjasama bilateral atau multilateral, baru sebatas menerima kunjungan dari luar negeri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kerjasama; formal; informal |
Subjects: | General Management General Management > Manajement for Specific Organizations |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Abdul Patah Hidayatuloh |
Date Deposited: | 11 Jan 2021 08:31 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 03:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36213 |
Actions (login required)
View Item |